Artikel

5 Kartini Masa Kini: Inspirasi Perempuan Indonesia di Era Modern

Post pada 18 Apr 2024

Setiap tahun, kita merayakan Hari Kartini dengan penuh semangat, seringkali dengan mengenakan kebaya yang anggun. Namun, di balik keindahan pakaian tradisional itu, tersembunyi pesan yang lebih dalam. Peringatan hari lahir Kartini sebenarnya adalah momen untuk menghargai keteguhan dan keuletan para perempuan dalam memajukan Indonesia.

Kartini bukan sekadar sosok berkebaya cantik, tapi juga pahlawan bagi kemajuan perempuan di negeri ini. Mari kita jelajahi lebih jauh makna dari Hari Kartini, sebuah perayaan yang membanggakan dan menginspirasi bagi semua perempuan Indonesia.

MelaluiĀ  Hari Kartini, Bunda diingatkan kembali tentang perjuangan Raden Adjeng Kartini untuk memperjuangkan kesetaraan perempuan. Semangatnya terus berkobar, menginspirasi banyak perempuan Indonesia untuk berkarya dan mendobrak batas dalam berbagai bidang.

Di era modern ini, semangat Kartini masih tetap hidup dalam berbagai sosok inspiratif yang menonjolkan perjuangan dan dedikasi mereka dalam berbagai bidang. Ada banyak sosokĀ  Kartini masa kini yang patut kita teladani.Ā 

5 Kartini Masa Kini yang Menginspirasi dan Berani Berbuat Lebih

Mereka adalah perempuan-perempuan inspiratif yang berani bermimpi, bekerja keras, dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa.Ā  Mari kita kenali 5 sosok Kartini masa kini yang memperjuangkan hak-hak perempuan, pendidikan, dan keadilan sosial yang bisa menjadi inspirasi bagi Bunda:

1. Mesty Ariotedjo

Mesty Ariotedjo bukan dokter biasa. Di balik jas putihnya, dia memiliki talenta luar biasa sebagai model dan pemain musik. Tak hanya itu, dia juga memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Mesty mendirikan dua perusahaan rintisan di bidang kesehatan, salah satunya adalah WeCare.id.

WeCare.id adalah platform penggalangan dana dengan sistem crowdfunding yang fokus membantu warga Indonesia kurang mampu dan dalam keadaan sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan optimal. Platform ini tak hanya membantu biaya pengobatan, tapi juga memperhitungkan biaya transfer pasien, rujukan, makanan, akomodasi hingga obat.

sosok kartini masa kini yang menginspirasi

Berkat dedikasinya, Mesty berhasil masuk daftar Forbes 30 Under 30 Asia. Dia adalah bukti nyata bahwa perempuan Indonesia bisa berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Kisah Mesty Ariotedjo adalah contoh inspiratif bagi kita semua. Dia menunjukkan bahwa dengan tekad dan semangat yang kuat, perempuan bisa mencapai mimpi dan menginspirasi banyak orang.

2. Melia Winata

Sosok Melia Winata adalah contoh nyata Kartini masa kini. Dia menginspirasi perempuan Indonesia untuk berkarya dan menjadi agen perubahan bagi komunitasnya.

Melia adalah pendiri Du Anyam, sebuah perusahaan sosial yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan pelestarian anyaman rotan. Di tangan dinginnya, anyaman rotan bukan lagi sekadar kerajinan tradisional, tapi menjadi karya seni yang mendunia.

Melalui Du Anyam, Melia telah memberdayakan lebih dari 1.100 perempuan di 50 desa di Indonesia. Dia memberikan pelatihan, akses pasar, dan pendampingan untuk membantu mereka meningkatkan kualitas hidup.

Berkat kegigihannya, Melia membawa Du Anyam meraih berbagai prestasi, termasuk menjadi merchandise resmi Asian Games 2018 dan mendapatkan penghargaan Forbes 30 Under 30 Asia.

3. Maudy Ayunda

sosok kartini masa kini yang menginspirasi

Aktris, penyanyi, dan aktivis pendidikan. Maudy menginspirasi generasi muda dengan kecerdasan dan kegigihannya dalam meraih mimpi.

Tak hanya cantik dan berbakat di seni peran dan musik, Maudy juga memiliki kemampuan akademis yang gemilang.

Maudy berhasil menyelesaikan program sarjana di Universitas Oxford, Inggris dengan jurusan Politik, Filosofi dan Ekonomi. Dia bahkan menjadi mahasiswa Indonesia pertama yang mengambil studi tersebut. Tak tanggung-tanggung, dia diterima di dua kampus unggulan dunia, Universitas Harvard dan Stanford untuk program pascasarjana.

Di Stanford, Maudy mengambil dua jurusan sekaligus, Administrasi Bisnis dan Pendidikan, dan menyelesaikannya dalam waktu dua tahun. Prestasi Maudy ini menjadi inspirasi bagi banyak anak muda Indonesia untuk mengejar mimpi dan meraih pendidikan terbaik.

4. Najelaa Shihab

Pernahkah Bunda mendengar nama Najeela Shihab? Sosoknya bagaikan Kartini masa kini yang tak henti-hentinya mencerahkan dunia pendidikan Indonesia. Putri sulung Quraish Shihab ini tak hanya cerdas dan inspiratif, tapi juga memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan pendidikan di Tanah Air.

Sejak kecil, Najeela sudah menunjukkan minat yang besar terhadap pendidikan. Dia menorehkan berbagai prestasi gemilang di bidang akademik dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Kecintaannya terhadap pendidikan mengantarkan Najeela untuk mendedikasikan hidupnya untuk memajukan pendidikan Indonesia. Dia telah menuliskan berbagai buku terkait pendidikan, menginisiasi pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Cikal, serta mendirikan penerbitan Lentera Hati.

Tak hanya itu, kakak kandung Najwa ShihabĀ  ini juga aktif di berbagai organisasi pendidikan, seperti di Dewan Kurikulum Islamedu. Dedikasi dan kegigihannya telah menghasilkan berbagai karya nyata yang bermanfaat bagi pendidikan Indonesia.

5. Cinta Laura

sosok kartini masa kini yang menginspirasi

Cinta Laura bagaikan Kartini masa kini yang menginspirasi banyak anak muda Indonesia. Tak hanya cantik dan berbakat, Cinta juga memiliki kecerdasan dan kepedulian yang luar biasa.

Cinta Laura telah menorehkan berbagai prestasi gemilang di bidang akademis. Dia berhasil mendapatkan dua gelar sarjana dari Universitas Columbia dengan predikat cumlaude dalam waktu tiga tahun.

Tak hanya fokus pada pendidikannya sendiri, Cinta juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Dia ditunjuk sebagai duta anti kekerasan terhadap perempuan dan anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Bersama keluarganya, Cinta mengelola Soekarseno Peduli Foundation, yayasan yang telah membangun belasan sekolah untuk membantu anak-anak kurang mampu mendapatkan pendidikan. Cinta juga aktif dalam mengajar anak-anak dan menjadi role model bagi generasi muda.

Di tengah tantangan dan perubahan zaman, semangat Kartini terus hidup dan berkembang melalui sosok-sosok inspiratif seperti mereka. Mari kita terus mendukung dan menginspirasi satu sama lain untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua perempuan di Indonesia.Ā 

Kisah-kisah inspiratif dari 5 Kartini masa kini ini menunjukkan bahwa perempuan Indonesia mampu berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa. Semangat Kartini bukan hanya tentang masa lalu, tapi juga tentang masa kini dan masa depan. Mari kita terus berkarya dan menginspirasi satu sama lain untuk mencapai kesetaraan dan kemajuan perempuan Indonesia.

Selamat Hari Kartini, Bunda!

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel