Artikel

Ajari Si Kecil Kelola ‘Duit THR’ saat Momen Mudik Lebaran

Post pada 06 Apr 2023

Si kecil pasti sudah tak sabar lagi menghitung hari kapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tiba. Bukan sekedar bisa makan enak atau pakai baju baru, si kecil sudah berharap banyak mendapatkan ‘THR’ alias salam tempel dari kerabat dan saudara.

Tradisi memberikan salam tempel ini menjadi bagian yang tak terpisahkan saat bersilaturahmi dengan keluarga besar yang berkumpul setelah menempuh perjalanan mudik. Lebaran menjadi kesempatan bagi sanak saudara dan kerabat untuk berbagi rezeki kepada anak atau keponakan yang hadir dalam acara kumpul-kumpul keluarga.

Lantaran sudah tradisi, wajar dong bila si kecil sudah berharap mendapatkan ‘THR’ dari orang-orang terdekatnya, termasuk dari bunda! Dari sini, THR lebaran yang didapat anak dapat menjadi pintu masuk untuk mendidik dan mengelola uang dengan bijak. Simak tips di bawah ini.

1. Kenalkan konsep menabung

Bunda dapat menerangkan konsep menabung di mana ‘THR Lebaran’ yang diperoleh dimasukkan dalam celengan. Jelaskan tujuan dari menabung itu merupakan upaya mempersiapkan hari esok.

Atau bisa juga, bunda dapat menawarkan tujuan keuangan pada si kecil. Contohnya menabung untuk membeli sepeda baru di kemudian hari. Dengan mengenalkan konsep menabung, anak akan punya pemahaman untuk tidak membiasakan menghabiskan semua uang yang dimiliki dalam satu waktu.

2. Beri si kecil kepercayaan

Uang yang didapat si kecil saat lebaran adalah haknya. Maka itu, bunda perlu memberi ruang kepercayaan kepada si kecil. Dengan begitu, dia akan mengenal tanggung jawab dan menghargai nilai uang itu sendiri. Di sisi lain, si kecil juga belajar membelanjakan uang itu berdasarkan prioritas kebutuhannya.

3. Didik berbagi

Konsep berbagi rezeki dapat bunda kenalkan langsung saat anak mendapat THR Lebaran. Artinya, semua uang yang diperolehnya ada sebagian ‘milik’ orang lain yang membutuhkan. Dorong anak untuk menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk kemudian diberikan kepada yang kurang mampu. Ini cara yang paling tepat membangun kepekaan dan empati sosial di sekeliling si kecil. Biarkan dia memutuskan sendiri untuk menyerahkan sebagian rezeki itu.

4. Jadi modal entrepreneur

Tidak ada salahnya bunda mulai mendidik si kecil berjiwa entrepreneur. Contohnya dengan mengajari anak memanfaatkan THR lebaran yang diterima sebagai modal berwiraswasta.

Tidak usah bingung-bingung cari ide, cukup tawarkan jualan camilan seperti Pino Es Serut Buah atau Permen Susu Milkita dengan target teman-teman si kecil. Ketika dua cemilan yang lezat itu disukai si kecil, maka teman-temannya pun juga suka. Bunda dapat menilai seberapa besar talenta si kecil dalam berwirausaha sekaligus belajar mendapatkan uang halal dengan usaha sendiri.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel