Artikel

Alasan Kuat Jalin Hubungan dengan Tetangga Ampuh Redakan Stres

Post pada 31 Mei 2022

Tetangga adalah saudara terdekat. Ungkapan ini pasti sudah sering dengar dong. Sudah paham maksudnya dari ungkapan itu? Yup, ungkapan itu menekankan betapa pentingnya menjaga hubungan baik denganĀ tetangga.

Meski bukan saudara atau sohib karib, tetapi tetangga adalah orang terdekat di rumah. Maka itu, kunci dalam menjalin hubungan yang baik dengan tetangga sekitar dengan meluangkan waktu bersosialisasi. Terlepas kesibukan harian mulai dari urusan domestik sampai anak, tetap sisihkan waktu bertegur sapa maupun beranjangsana dengan tetangga.

Perlu ditekankan di sini, bersosialisasi dengan tetangga memiliki segudang manfaat yang kadang jauh dari yang dibayangkan sebelumnya. Di samping membuat nyaman tinggal di lingkungan, menjalin hubungan dengan tetangga juga dapat menekan stres lho! Kok bisa? Yuk simak di bawah ini.

1. Lebih aman dan tentram

Mengenal lebih dekat tetangga sama halnya membuat rasa aman dan nyaman. Rasa aman ini bukan sekadar membuat rumah terhindar dari target kriminalitas lho, tapi lebih dari itu. Rasa aman dan nyaman juga terkait ada orang yang dapat dimintai bantuan ketika sedang membutuhkan sesuatu.

2. Sumber pengetahuan baru

Latar belakang tetangga pasti berbeda-beda. Bisa dari faktor daerah, pendidikan, sampai profesi. Nah, di sinilah keuntungan tinggal di lingkungan yang majemuk di mana Bunda akan mendapatkan susana berbeda dan pengetahuan baru. Termasuk di sini si kecil juga akan mendapat beragam teman.

3. Saling berbagi

Peduli dengan tetangga dapat pula diwujudkan dalam aktivitas saling berbagi. Ini adalah kodratnya manusia. Saling berbagi bukan sekadar membuat bahagia tapi juga mengurangi stres. Secara ilmiah, saling berbagi akan membuat produksi hormon dopamine di otak meningkat saat bahagia.

Tak perlu ribet dalam urusan saling berbagi. Misalnya saja berbagi Pino Es Serut Buah yang sudah bekukan di kulkas ke tetangga saat cuaca terik. Dengan aneka rasa buah-buahan, Pino Es Serut Buah dapat membuat hubungan dengan tetangga ā€˜lebih segarā€™.

4. Mudah mencari pertolongan

Siapa yang paling siap untuk memberi pertolongan dalam waktu singkat? Jawabnya pasti tetangga karena secara fisik sangat dekat. Itulah mengapa kepedulian dengan tetangga terbilang sangat penting.

Itulah sebagian kecil benefit menjalin hubungan baik dengan tetangga. Mereka tetap memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Hidup rukun dengan tetangga akan membuat ketenangan, ketentraman, dan yang paling penting adalah sehat secara sosial alias menekan stres.

Jangan lupa untuk mengunjungiĀ TokopediaĀ &Ā ShopeeĀ UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel