Artikel

Anak Muram akibat Hujan, Ini Ide Kegiatan yang Bisa Bunda Pilih

Post pada 07 Feb 2023

Tik

Tik

Bunyi hujan di atas genting

Familiar bukan dengan potongan lirik lagu itu? Yup, itulah lagu Tik Tik Bunyi Hujan yang jadi lagu wajib saat masih kanak-kanak. Mungkin saat menyanyikannya bergembira ria, tapi bagaimana saat hujan turun betulan?

Bisa jadi, anak akan pasang wajah muram karena tak bisa bermain di luar. Baiklah, kini saatnya bunda turun tangan. Ada banyak kok permainan yang bisa dilakukan bareng si kecil ketika hujan turun.

Apa saja kegiatan seru-seruan biar wajah anak kembali ceria?

1. Basah-basahan main hujan

Boleh kok sekali-kali membiarkan anak bermain hujan-hujanan. Tapi pertimbangkan juga stamina anak. Bila sehat, monggo ajak anak bermain hujan. Bisa juga bermain hujan dengan menggunakan payung atau jas hujan. Permainan hujan-hujanan ini dapat menstimulus banyak sensori dalam tubuh anak. Mulai dari pendengaran sampai peraba.

2. Berperan sebagai peneliti

Coba ajak anak bermain peran sebagai seorang peneliti. Ajak anak untuk mengobservasi hujan, meneliti air hujan, suhu, dan sebagainya. Bunda bisa menyiapkan wadah untuk menampung air hujan sebagai media untuk diteliti.

Di sini, bunda juga dapat menyisipkan pengetahuan alam kepada si kecil. Bila perlu, siapkan Pino Es Serut Buah yang sudah dibekukan di kulkas. Pino Es Serut Buah ini dapat menjadi media belajar anak bila cairan dibekukan sampai di bawah nol derajat celcius maka akan membeku.

Bunda dapat menakar sejauh mana minat anak dalam permainan ini. Siapa tahu, ternyata anak punya bakat sebagai peneliti!

3. Belajar motret

Ini bisa jadi aktivitas yang mengasyikkan bareng anak saat hujan turun. Tidak perlu modal kamera DSLR, cukup pakai ponsel saja. Biarkan anak motret sesuai seleranya. Kemudian barulah diskusikan hasilnya bareng-bareng. Pasti seru bukan!

4. Menggambar

Bunda bisa mengajak anak untuk menggambar saat hujan turun. Siapkan semua peralatan menggambar. Mulai dari kertas, pensil warna atau krayon, dan perlengkapan lainnya. Dorong anak berimajinasi untuk kemudian dituangkan dalam kertas. Beri dia kebebasan menggambar apa yang dia suka.

Itulah kegiatan yang bisa anak lakukan saat hujan. Pastinya ide-ide bunda perlu diasah agar anak tidak merasa kecewa karena gagal bermain hanya gara-gara hujan. Silakan mencoba, bunda!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel