Artikel

Anak sudah Terlatih Mandi Sendiri, Boleh Dong Bunda Kasih Hadiah

Post pada 26 Okt 2022

Mandi adalah aktivitas penting. Bahkan, mandi masuk daftar kebutuhan harian yang wajib ditunaikan. Apalagi kebiasaan orang kita yang kebanyakan punya rutinitas mandi dua kali dalam sehari, yakni pagi sebelum memulai aktivitas dan sore sesudah beraktivitas.

Banyak manfaat dari aktivitas bersih-bersih dengan air ini. Dengan mandi, seseorang bisa menjaga tubuhnya agar lebih bersih dan sehat. Termasuk di sini juga anak-anak. Sejak kecil, mereka harus dilatih mandi secara rutin.

iasanya dalam proses melatih anak-anak mandi, bunda pasti selalu mendampingi. Mulai dari mengajarkan cara membasuh air, menggunakan sabun, gosok gigi, sampai mengeringkan tubuh. Pertanyaan berikutnya, mulai kapankah anak-anak dipercaya untuk mandi sendiri?

Memang tidak ada batasan usia tertentu, tapi bunda dapat melatih kemandirian anak untuk mandi sendiri. Lagi pula untuk urusan mandi, bunda tetap harus mendampingi. Lebih-lebih bila anak masih berusia kurang dari enam tahun. Maklum, anak yang berstatus belia belum bisa membersihkan diri dengan baik.

Lagi pula, ketika anak di bawah usia enam tahun dibiarkan mandi sendiri terbilang berbahaya. Risiko terjadinya kecelakaan bagi anak sangat tinggi mengingat mereka pasti akan bermain-main selama mandi. Selain itu, anak pasti senang main air yang akhirnya dapat memboroskan air, sabun, atau pun sampo.

Alhasil, rata-rata ahli menganjurkan agar anak mulai dilepas mandi sendiri saat menginjak di atas usia enam tahun. Di usia ini, anak sudah mulai memahami tujuan dari mandi dan lebih bijak dalam penggunaan air maupun sabun.

Selain itu, anak berusia di atas enam tahun juga mulai mengenal arti hati-hati selama mandi. Mereka sudah menyadari bila kamar mandi rawan licin sehingga berpotensi terpeleset.

Meski begitu, anak dalam rentang empat tahun boleh saja diizinkan bila ingin mandi sendiri. Hanya yang perlu menjadi perhatian adalah bunda tetap mengawasinya. Bila perlu, biarkan pintu kamar mandi terbuka agar bunda mudah mengawasi selama anak mandi.

Ada beberapa tanda yang dapat menjadi pertimbangan bunda membiarkan anak mandi sendiri.

–   Menyatakan akan mandi sendiri

Biasanya anak akan mengungkapkan keinginan mandi sendiri kepada bunda. bahkan kadang-kadang tanpa diminta, dia sudah membuka baju dan langsung masuk ke kamar mandi sendiri.

–   Mengenal privasi

Sering kali kehendak anak mandi sendiri karena faktor privasi. Dia sudah merasa ‘besar’ dan sanggup melakukan aktivitas sendiri. Selain itu, dia menilai mandi adalah aktivitas pribadi tanpa bantuan orang lain.

–   Mampu bersih-bersih dengan benar

Bila anak sudah tahu urutan mandi, maka itu menandakan dia sudah siap dilepas untuk mandi sendiri. Misalnya cara gosok gigi yang benar, membasuh air, sabunan, keramas, dan lain-lain.

Kemandirian anak dalam hal mandi ini perlu mendapat apresiasi dari bunda. Banyak cara memperlihatkan apresiasi maupun pujian kepadanya. Selain memberikan pujian dalam ucapan, bunda boleh kok memberi hadiah berupa Pino Es Serut Buah. Toh, ketika memberikan camilan yang kaya akan vitamin dan tanpa pemanis buatan ini, anak menilai bunda sangat senang akan ‘prestasinya’ mandi sendiri.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO IndonesiaTokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel