Artikel

Banyak ‘Kejutan’ Selama Perjalanan Mudik, Ini Jurus Jaga Anak Tetap Fit

Post pada 03 Apr 2023

Pemerintah resmi menambah durasi libur lebaran di tahun 2023. Artinya, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada 19-21 April dan 24-25 April 2023. Sedangkan, Hari Raya Idul Fitri ditetapkan tanggal 22 dan 23 April 2023, sebagai hari libur nasional Lebaran.

Sudah kebayang panjangnya durasi libur lebaran tahun ini yang dapat dihabiskan di kampung halaman. Apalagi mudik tahun ini terasa lebih spesial karena pemerintah juga tidak lagi menerapkan pembatasan atau larangan perjalanan.

Wajar dong bila jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat dari sebelumnya. Alhasil, wajib persiapan matang ini bagi yang mau habiskan libur lebaran di kampung halaman. Terlebih bila ada si kecil.

Perjalanan jarak jauh yang akan ditempuh dan ditambah potensi kepadatan, ini jadi pertimbangan bunda dalam mempersiapkan agenda mudik. Maklum, perjalanan mudik yang suka banyak ‘kejutan’ dapat menjadi beban bagi anak yang pada gilirannya dapat mengganggu kesehatan.

Biar perjalanan mudik dapat membawa kenyamanan buat semuanya, termasuk si kecil, ada baiknya bunda perlu menyiapkan persiapan sejak dini. Apa saja yang diperlukan?

1. Cek kesehatan

Bunda bisa mengajak si kecil mampir puskesmas atau klinik kesehatan terdekat. Cara ini biar bikin bunda lega bila si kecil ‘kuat’ untuk melakukan perjalanan panjang. Selain itu, berkonsultasi ke dokter akan memudahkan bunda menyiapkan obat-obatan penunjang selama perjalanan. Bila perlu, bunda menyimpan nomor kontak dokter sebagai jaga-jaga.

2. Makan sedikit  tapi sering

Hindari perut si kecil kosong selama perjalanan. Maka itu siapkan camilan sehat agar stamina anak tetap terjaga. Tak perlu repot-repot menyiapkan rantang yang berisi full makanan. Justru saat perjalanan, si kecil malas makan terlalu banyak. Solusinya adalah memenuhi kecukupan gizi dalam menopang daya tahan tubuh anak selama perjalanan. Misalnya dengan menyiapkan Permen Susu Milkita. Produk yang tersedia dengan aneka rasa ini cocok menemani anak selama perjalanan mudik.

3. Penuhi kebutuhan vitamin

Perjalanan jauh menuntut daya tahan tubuh yang prima karena melelahkan dan kualitas istirahat anak ikut terganggu. Akibatnya, imunitas mudah menurun sehingga mudah sakit. Agar stamina anak tetap terjaga, pastikan asupan vitamin cukup. Misalnya dengan membawa Pino Es Serut Buah yang disimpan dalam cooler box. Jadi ketika perjalanan, Pino Es Serut Buah yang kaya akan vitamin ini dapat dikonsumsi dengan praktis. Pastinya, rasanya menyegarkan!

4. Hindari menahan buang air

Jangan paksa anak menahan buang air. Selain kurang baik untuk kesehatan, menahan buang air sudah pasti membuat anak tidak nyaman. Lebih baik selalu tawarkan ke anak apakah ingin buang air saat melintasi pom bensin atau rest area.

5. Hindari beli makanan sembarang

Si kecil akan mudah tergoda untuk jajan saat beristirahat di rest area atau lokasi lain. Ada baiknya bunda memberi pengertian soal ini. Caranya dengan memberi penjelasan potensi makanan atau minuman itu terpapar penyakit atau zat tambahan kimia yang mengganggu kesehatan. Sebagai jalan tengah, lebih baik bunda menyiapkan bekal camilan sehat seperti Permen Susu Milkita dan Pino Es Serut Buah yang dikemas dalam kemasan higienis.

Bila persiapan matang dan sudah dilakukan sejak dini, perjalanan mudik akan lebih menyenangkan dan nyaman. Anak-anak pun akan mendapat pengalaman baru dan meninggalkan kesan mendalam di liburan lebaran tahun ini.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel