Artikel

Banyak Peluang Lebih Dekat dan Hangat dengan Si Kecil Selama Bulan Puasa

Post pada 28 Mar 2023

Ramadan dapat menjadi momen tepat lebih dekat dan hangat dengan anak. Banyak sekali kegiatan dalam satu hari di bulan puasa yang untuk lebih dekat dengan anak.

Contohnya, makan sahur. Mungkin terlihat sepele, tapi dari aktivitas sahur dengan menyantap hidangan dalam satu meja bersama akan memancing kehangatan. Begitu pun saat berbuka puasa.

Masih banyak lagi aktivitas harian di bulan puasa yang dapat mendekatkan relasi dengan anak. Entah itu mengaji bersama, menyiapkan menu berbuka, shalat tarawih ke masjid, sampai membagikan makanan ke tetangga.

Pendek kata, bunda dapat memanfaatkan bulan Ramadan untuk lebih dekat dengan anak.  Maka itu, sejumlah psikolog dan pakar parenting menyarankan agar bunda memanfaatkan dengan maksimal bulan puasa dalam mendampingi tumbuh kembang si kecil.

Bahkan, bulan puasa merupakan waktu yang tepat menguatkan etos dalam keluarga dengan berbagai aktivitas sehari-hari. Seperti sahur dan buka puasa merupakan media yang paling tepat menciptakan kehangatan di rumah.

Bunda dapat memanfaatkan media sahur dan buka puasa bersama dengan si kecil untuk sekadar bercengkrama dan menguatkan kembali ikatan keluarga.

Ramadan ramah anak menjadi sebuah ide yang dapat diaplikasikan bunda di rumah. dengan menerapkannya, secara tak langsung bunda sudah memenuhi hak dan perlindungan anak.

Bahkan, bulan puasa yang identik dengan bulan yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan dapat menjadi penggerak kepada si kecil untuk menjadi pribadi yang agamis dan mengenal nilai-nilai sosial pada umumnya.

Di saat yang sama, bulan puasa menjadi momen yang tepat membangun kepekaan solidaritas anak terhadap lingkungan sosial. Si kecil akan menjadi pribadi yang terlatih dengan jiwa sosial tinggi sehingga mudah memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.

Si kecil juga mudah menyadari sejak dini di mana memberi bantuan merupakan aktivitas positif yang berdampak luas tidak hanya kepada diri sendiri tapi juga orang lain.

Bunda juga bisa pula mengajar si kecil ikut dalam kompetisi Ramadan. Atau istilah banyak orangnya disebut Ramadan Challenge. Tidak perlu ribet-ribet, cari ide-ide sederhana saja yang mudah dilakukan.

Misalnya Ramadan Challenge ini bisa dilakukan saat bunda dan si kecil belanja kebutuhan berbuka puasa. Agar momen belanja kali ini berbeda dari biasanya, bunda dapat memberi tantangan kecil kepada anak. Misalnya memberi daftar barang apa saja yang harus ditemukan anak di dalam supermarket.

Contohnya mencari Pino Es Serut Buah. Permainan akan lebih menyenangkan lagi bila ditambahkan tebak-tebakan rasa dengan melihat kemasan Pino Es Serut Buah. Misalnya warna kuning pasti rasa jeruk, ungu identik dengan rasa anggur, dan lain-lain.

Selain itu, bunda juga dapat menantang anak untuk menjelaskan kandungan vitamin apa saja yang terdapat dalam Pino Es Serut Buah.

Selain seru, cara ini juga membuat anak merasa dilibatkan dan dipercaya oleh bunda. Tentu saja aktivitas ini disesuaikan dengan usia si kecil. Ini menjadi cara yang menyenangkan bagi anak untuk menyerap nilai-nilai kebaikan dan puasa selama Ramadan.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel