Kegiatan Perusahaan

Beberapa Tips Untuk Menghilangkan Stres

Post pada 04 Okt 2020

Lagi banyak pikiran, susah tidur dan merasa stres? Jangan anggap remeh perasaan stres yang Anda alami. Stres merupakan salah bentuk gangguan mental yang terjadi pada banyak orang khususnya pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) saat ini. Jika dibiarkan stres dapat mempengaruhi keseluruhan kesehatan Anda. Untuk itu mengambil langkah awal untuk mengatasinya menjadi hal yang sangat perlu dilakukan.

Mulailah dengan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai langkah awal mengatasi stress, antara lain:

1. Mulailah dengan “Bernapas”

Bernapas yang dalam dapat meningkatkan asupan oksigen sehingga membuat tubuh menjadi lebih tenang. Menarik napas yang dimaksudkan disini, Anda harus menarik napas dengan diafragma. Untuk memastikan caranya benar, letakkan satu tangan sekitar 2.5 cm di atas pusar, kemudian tariklah napas untuk empat hitungan maka Anda akan merasa lebih lega (dikutip dari halodoc.com).

Menurut kedokteran mengonsumsi makanan manis dapat membuat otak melepaskan hormon serotine dan membantu menstabilkan suasana hati hingga dapat mencegah depresi. Makanan manis juga dapat mengaktifkan pusat kesenangan di otak, meningkatkan produksi hormon dopamine, sehingga dapat membuat seseorang merasa bahagia setelah mengonsumsinya. Apalagi jika permen tersebut memiliki kandungan mint seperti pada range produk permen Freshway yang memiliki 3 varian rasa yaitu Freshway Ocean Blue, Freshway Honey Lemon dan Freshway Ice Ginger. Kandungan mint didalam permen ini dapat membantu memberikan perasaan tenang dan meredakan stress.

3. Jam tidur yang cukup

Coba hindari bergadang. Banyak bergadang bisa menjadi salah satu hal yang membuat stress tak kunjung reda. Saat tidur malan kurang dari 7-8 jam, tubuh tidak bisa mengatasi stress dengan baik. Jadi usahakan untuk menyediakan waktu tidur yang cukup, sehingga tubuh mempunyai metabolism yang lebih baik dan produksi hormon rileks pun menjadi lebih seimbang.

4. Lakukan hobi yang disuka

Berikan waktu lebih untuk melakukan kegiatan yang disuka, hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih senang dan gembira. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan antara lain bisa berkebun, membaca buku, mendengarkan musik atau kegiatan kreatif lainnya.

5. Mencium aroma lavender atau essential oil

Sebuah penelitian yang melibatkan perawat (dikutip dari sehatq.com), menemukan bahwa perawat yang memakai sedikit minyak lavender pada pakaiannya, merasa stres mereka berkurang, sedangkan perawat yang tidak menggunakan minyak lavender merasa lebih stress. Lavender dapat menjadi penahan rasa sakit dan anti cemas yang lebih efektif. Seperti pada Unifam Hand Sanitizer yang mengandung 70% alcohol dan essential oil lavender, selain dapat membasmi bakteri namun juga dapat memberikan rasa tenang. Jadi jika Anda stress, cobalah hirup aroma lavender. Selain aroma lavender, Unifam Hand Sanitizer juga memiliki varian dengan aroma peppermint dan lemon.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel