Artikel

Berstatus Ibu Rumah Tangga tapi Saldo Tabungan Unlimited? Bisa!

Post pada 31 Mar 2022

Status boleh ibu rumah tangga, tapi saldo tabunganĀ unlimited! Tenang, ungkapan itu bukan mimpi. Justru ungkapan itu sebuah keniscayaan sepanjang Bunda menambah lagi statusnya, yakni jadi sosok mompreneur.

Apa sih itu mompreneur? Ini merupakan gabungan dari dua kata mom dan preneur. Makna bebasnya, mompreneur adalah ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis atau usaha sendiri. Apalagi belakangan ini, peluang untuk menjadi seorang mompreneur terbuka lebar.

Sebagai langkah awal tentu saja membaca peluang terlebih dulu. Misalnya membaca peluang menjadi reseller produk fashion, camilan sehat dari bahan bakuĀ Susu Kental Manis Milkita, atau jasa titip, Tinggal disesuaikan dengan minat dan jaringan yang dimiliki.

Pertanyaan berikutnya, apa yang perlu dipahami dulu sebelum melakoni predikat baru sebagai mompreneur, oke simak kemampuan yang perlu dikuasai di bawah ini.

1. Petakan networking

Networking yang luas sudah merupakan modal utama menjadi momprenur. Kemudian petakan networking itu untuk mendapatkan insight. Dari sinilah akanĀ  tercipta peluang dan menjadikan networking itu sebagai target pasar dari usaha yang hendak dibangun. Pendek kata, networking menjadi jurus dalam membaca tren pasar.

2. Dalami dunia digital marketing

Di luar sana sudah banyak platform digital yang gratisan untuk menjajakan produk atau jasa. Mulai dari platform sosial media maupun aplikasi pesan. Semua itu merupakan instrumen pendukung mempromosikan bisnis yang hendak dilakoni. Maka itu, kemampuan mengemas promosi via digital menjadi suatu keharusan.

3. Kalkulasi modal

Pengertian modal di sini bukan melulu terkait dana, tapi lebih luas. Misalnya saja modal ketrampilan membuat camilan. Meski begitu, tetap diakui bila pendanaan turut menopang jalannya bisnis. Tinggal dirinci lebih jauh saja seberapa besar modal yang diperlukan agar bisnis dapat berjalan dalam durasi waktu tertentu.

4. Bernyali dan konsisten

Latih keberanian dan konsisten menjalani. Dua hal ini yang menjadi syarat berkecimpung dalam dunia bisnis. Bagaimana pun, niat berbisnis adalah mencari keuntungan tapi peluang kerugian juga terbuka. Maka itu, keberanian menjadi kunci mengawali bisnis.

5. Jangan lupa peran di rumah

Mompreneur menuntut waktu yang tak sedikit. Di saat bersamaan, tugas domestik tetap harus diperhatikan. So, kelihaian dalam mengatur waktu menjadi penting. Cuma tak perlu khawatir, ingatlah bila seorang bunda adalah sosok yang multitasking. Mindset ini yang tetap perlu dijaga.

Sampai di sini sudah ada gambaran ingin menjadi mompreneur? Hanya satu kata, segeralah action. Nikmati perjalanan menjadi mompreneur dengan penuh semangat. Tetap di rumah bukan berarti tidak produktif menghasilkan pundi-pundi uang bukan?

Jangan lupa untuk mengunjungiĀ TokopediaĀ &Ā ShopeeĀ UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel