Kegiatan Perusahaan

Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Post pada 24 Jul 2023

Anak boleh kok konsumsi makanan kemasan. Tapi biar tak tersesat pilih makanan kemasan yang abal-abal, biasakan dulu praktikan ritual baca label kemasan. Semangat ini yang sedang digalakkan Perusahaan makanan dan minuman PT United Family Food (UNIFAM) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan NOVA melakukan edukasi yang digelar secara daring pada Jumat (21/7/2023).

Head of Human Capital and Corporate Affairs UNIFAM Windy Prastiwi menekankan kampanye edukasi keamanan bersama BPOM dan NOVA Ini merupakan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilih makanan kemasan yang aman dan memenuhi standar kualitas.

“Melalui acara ini, kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami dan memastikan makanan kemasan dalam kondisi prima dan memiliki kualitas pangan yang tinggi serta diproduksi dengan standar keamanan pangan,” katanya.

Bahkan, sambung Windy, UNIFAM terus konsisten mendorong konsumen makin cerdas dalam memilih produk makanan kemasan melalui Program #BacaLabelBaruBeli. Program itu kali pertama dikenalkan melalui akun resmi Instagram @Unifam.id sejak Juni 2023.

Program itu sejalan dengan aksi BPOM yang sedang giat-giatnya mengkampanyekan gerakan Cek KLIK, yaitu “K” cek Kemasan, “L” cek label pada kemasan, “I” cek Izin edar dari BPOM dan “K”cek kedaluwarsa yang tertera pada makanan kemasan.

Ritual yang dapat dilakukan secara singkat ini merupakan bagian dari bentuk kesadaran akan pentingnya memerhatikan kadar gizi dan keamanan makanan kemasan. Bukan hanya itu, langkah ini juga mendorong bunda makin cerdas menentukan makanan kemasan.

“Literasi mengenai keamanan makanan kemasan perlu terus diedukasi terus menerus. Edukasi mengenai keamanan pangan tentunya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, produsen, BPOM, media dan juga masyarakat (keluarga),” jelas Deputi III Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes.

Kegiatan ini juga menghadirkan pakar nutrisi dan kesehatan masyarakat Widya Fadila, M.KM. Dia mengapresiasi kampanye tersebut bisa menjadi pedoman bunda lebih memahami produk makanan kemasan yang bernutrisi dan aman untuk anak.

Widya menambahkan anak memang perlu dikenalkan makanan kemasan yang tepat. Tentu saja melalui peran bunda. Di saat bersamaan, makanan kemasan bukan sesuatu yang dilarang.

“Peran orang tua juga penting untuk dapat mengedukasi anak mengenai keamanan pangan sejak dini,” kata Widya.

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel