Artikel

Bunda Alami Stres Itu Pancing Anak Rewel, Yuk Lokalisir Sesegera Mungkin

Post pada 20 Okt 2022

Anak rewel terus, bisa-bisa bunda tak sadar lagi stres! Maklum, seorang anak bisa menjadi cerminan perasaan bunda. Ini adalah hal yang wajar mengingat bunda pasti punya ikatan batin yang kuat dengan buah hati. Ikatan itu sudah terbentuk sejak si kecil dalam kandungan. Jadi, bad mood yang dialami bunda bisa jadi ‘menular’ ke si kecil. Kalau sudah begini, jadi repot kan!

Pemicu bunda stres pasti tak terhitung. Mulai dari pekerjaan domestik yang tak ada habis-habisnya, urusan karir atau bisnis, maupun anak-anak yang susah diatur. Begitu sudah kena stres, bunda langsung bereaksi negatif. Entah mudah tersinggung, marah, sakit kepala, sampai susah konsentrasi.

Secara tak langsung, apa yang dialami bunda bakal menular ke buah hati. Bagaimanapun, anak adalah cerminan perasaan ibunya. Ada ikatan emosional yang sudah terbentuk sejak lahir. Terlebih, bunda adalah sosok terdekat buah hati.

Jadi jangan anggap remeh bila bunda ada dalam situasi kurang nyaman, anak bakal mudah rewel dan sensitif. Biar bisa melokalisir dampak buruk ini, ada baiknya bunda mulai mempertimbangkan beberapa poin di bawah ini.

1. Kenali dulu pangkal stres

Pemicu stres pasti beragam. Bisa jadi, tidak hanya satu pemicu saja tapi akumulasi beberapa masalah dalam satu waktu. bila sudah mengenali pemantik stres, segera mencari solusinya. Misalnya saja memilih untuk meluangkan waktu untuk memanjakan diri sejenak.

2. Me time

Bunda berhak lho untuk mendapatkan ‘me time’. Silakan saja meluangkan waktu untuk ‘kepentingan diri sendiri.’ Bahkan banyak ahli yang berpendapat jika ‘me time’ punya banyak manfaat, baik dari sisi psikis maupun biologis. Setelah ‘me time’, bunda akan lebih segar dan lebih ceria!

3. Minta bantuan

Siapa orang terdekat di rumah, yak betul suami! Jangan ragu untuk meminta bantuan suami bila bunda sudah merasa kelelahan mengurus pekerjaan domestik. Lagi pula, keterbukaan dalam urusan ini dapat menambah keharmonisan rumah tangga.

Sebagai penutup, stres tidak dapat dihindari. Pilihannya hanyalah mengelola stres agar tidak memengaruhi orang lain, khususnya anak-anak. Ketika menyadari sedang stres, ada baiknya bunda menjaga jarak sejenak dengan anak bila dirasa perlu. Alasannya, stres dapat mendorong bunda lebih emosional dan sulit terkontrol.

Bisa saja ketika suasana hati sedang tak nyaman, cobalah icip-icip Pino Es Serut Buah. Camilan dengan rasa buah segar yang disajikan dalam bentuk beku ini dapat ‘mendinginkan’ suasana hati dan kepala yang panas.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO IndonesiaTokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel