Kata Pakar

Bunda Hebat Tahu Persis Dorong Anak Cerdas dan Mandiri

Post pada 30 Nov 2022

Diulas oleh Desti Apryanggun, M.Psi., Psikolog dari Kalbu

Selalu ada bunda hebat dibalik anak yang hebat. Sepakat dulu dong! Yup, bunda pasti ingin buah hati menjadi sosok yang sukses di masa depan. Berkepribadian baik, menunjukkan perkembangan fisik, emosi, dan psikis yang optimal.

Di sinilah bunda memiliki peran penting dalam mendukung masa depan buah hati. Tentu ada trik-trik yang mesti bunda lakukan agar buah hati menjadi anak yang cerdas, kreatif, mandiri, dan supel dalam pergaulan.

Ada beberapa jurus yang dapat diaplikasikan agar peran bunda dalam mendampingi tumbuh kembang anak jadi lebih optimal sebagai bekal untuk menyambut masa depannya. Simak yuk!

1. Bangun rasa penasaran

Buah hati dengan rasa penasaran yang tinggi menjadi sinyal kecerdasannya. Dia bersemangat untuk mencari tahu apa saja. Alhasil, setiap waktu wawasannya makin luas dan pengetahuannya bertambah. Bunda pastikan dapat merawat rasa penasarannya dengan memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba sesuatu yang baru dan tidak terlalu banyak melarang si kecil saat bereksplorasi, asalkan tidak membahayakan dan tetap dalam pengawasan bunda.

2. Latih berkreasi

Melatih anak untuk berkreasi juga menjadi jalan mendeteksi sejak dini bakat dan minatnya. Perhatikan dengan seksama apa yang menjadi kesukaan atau hobinya. Lalu bunda bantu salurkan dalam kegiatan yang menyenangkan. Misalnya berkreasi mendekor kue, membuat mainan dari barang bekas, menyanyi, sampai bermain musik. Hal ini juga bisa meningkatkan kreativitas anak, loh!

3. Tanggapi setiap pertanyaan

Anak ceriwis dan bawel itu bagus! Itu tanda dia peduli dengan hal yang ada di sekitarnya. Rasa ingin tahunya tinggi. Bunda bisa menanggapi semua pertanyaan anak dengan penuh semangat. Bisa jadi satu pertanyaan akan memunculkan pertanyaan lainnya.

Jawab pertanyaan anak dengan bahasa yang sesuai dengan usianya, dan bila kesulitan menjawab bunda bisa mengajak anak untuk mencari jawaban lewat bacaan atau internet bersama-sama. Mengakui bahwa bunda ‚Äėtidak tahu‚Äô dihadapan anak itu tidak apa kok, yang penting tunjukkan bagaimana solusinya yaitu dengan mencari tahu bersama.

4. Latih anak mandiri

Kemandirian perlu dilatih sejak dini, karena mandiri terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan secara konsisten. Anak perlu dibiasakan untuk melakukan aktivitas sederhana yang menyangkut kepentingannya.

Tentunya tetap harus memperhatikan sesuai usia anak saat ingin melatih kemandirian. Misalnya menyiapkan sendiri perlengkapan sekolah, merapikan kamar pribadi, mencuci piring setelah makan, dan lain-lain. Ini merupakan latihan agar si kecil tidak terlalu tergantung kepada orang lain. Tapi tetap saja, bunda mesti mendampingi dan lakukan secara bertahap.

5. Ajarkan keterampilan sosial

Keterampilan sosial adalah soft skill yang diperlukan si kecil agar mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar atau malah lingkungan yang baru sama sekali. Keterampilan sosial ini memerlukan pendampingan dari bunda dengan mengajarinya cara menyelesaikan masalah. Tumbuhkan juga rasa simpati dan empati dari diri anak dengan memberikan contoh nyata tentang konsep berbagi maupun membantu orang lain.

6. Tanamkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri merupakan dasar untuk anak mau mencoba sesuatu yang baru dan menampilkan kemampuannya pada lingkungan. Kepercayaan diri tidak muncul begitu saja, tetapi perlu dilatih. Orangtua yang memberikan kepercayaan pada anak akan membuat anak merasa dipercaya dan dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat bunda lakukan dalam mendorong anak agar lebih cerdas dan mandiri. Bagaimana pun, pekerjaan utama dari orangtua adalah mempersiapkannya untuk menghadapi dunia di masa depan!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel