Artikel

Bunda, Waspadai Anak Alami Gangguan Kesehatan Ini saat Mudik Lebaran

Post pada 06 Apr 2023

Dalam hitungan pekan, musim arus mudik tahun 2023 bakal dimulai. Euforia mudik sebenarnya sudah terlihat saat ini. Di samping sudah dibukanya pelayanan mudik gratis dari pemerintah maupun swasta, tiket pesawat dan kereta api pun juga sudah mulai diserbu.

Terlepas dari gegap-gempita mudik, jangan lupakan juga potensi gangguan kesehatan saat mudik yang perlu diwaspadai. Maklum, mudik itu memerlukan stamina yang fit dan daya tahan tubuh yang kuat dalam menempuh perjalanan panjang ke kampung halaman.

Di sinilah peran bunda dalam mengantisipasi gangguan kesehatan yang berpotensi dialami si kecil dalam perjalanan mudik. Misalnya saja kelelahan maupun gangguan pencernaan. Selain itu, di bawah ini ada beberapa masalah kesehatan yang perlu bunda waspadai saat mudik lebaran tahun 2023.

1. Mabuk perjalanan

Perjalanan jauh membuat energi tubuh terkuras sehingga membuat daya tahan tubuh menurun. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga mengalami. Tubuh akan mudah lelah, pusing, dan nafas tidak teratur. Alhasil, potensi mengalami mabuk perjalanan alias motion sickness terbuka lebar.

Motion sickness dalam kendaraan adalah kondisi di mana tubuh dalam posisi diam di tempat tapi mata dan telinga melihat sekitar bergerak. Situasi ini akan membuat anak dapat mengalami pusing, mual-mual, dan sampai muntah selama perjalanan.

2. Flu

Tentu bunda sudah mendengar bila flu menjadi gangguan kesehatan yang banyak dialami pemudik. Flu dipicu karena daya tahan tubuh menurun selama perjalanan sehingga mudah terpapar virus. Selain itu, flu juga dapat ditularkan orang lain di sekitar.

Dalam mencegah tertular, biasakan si kecil selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kemudian jaga daya tahan tubuh dengan asupan makanan bervitamin tinggi. Atau bisa pula dengan menyajikan Pino Es Serut Buah yang kaya akan vitamin C. Selain menyegarkan, Pino Es Serut Buah juga dapat menjadi teman pelengkap perjalanan mudik.

3. Gangguan pencernaan

Duduk berlama-lama di kendaraan dapat membuat si kecil mengalami diare atau sulit buang air besar. Kadang kala si kecil juga emoh makan atau menyantap camilan karena perutnya tidak nyaman karena ada gangguan pencernaan.

Masalah pencernaan ini dapat diatasi dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Kemudian biasakan si kecil untuk tidak menahan buang air kecil dan besar agar gangguan pencernaan tidak makin parah.

4. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

Saat mudik, si kecil berpeluang terpapar polusi dari asap kendaraan maupun debu di jalan. Suasana yang ramai dan padat juga menjadikan risiko penularan penyakit melalui udara makin tinggi. Bunda perlu mewaspadai ISPA ini dialami si kecil.

Itulah empat potensi gangguan kesehatan yang berpotensi dialami si kecil selama perjalanan mudik maupun balik. Maka itu, bunda perlu membekali diri dengan obat-obatan dan memastikan asupan gizi si kecil tercukupi sebelum mudik. Atau bisa pula dengan menyiapkan cemilan seperti Permen Susu Milkita yang tiap butirnya mengandung kebaikan susu.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel