Artikel

Camilan Sehat yang Bikin Perut ‘Stabil’ Jauh dari Rasa Lapar Selama Mudik

Post pada 05 Apr 2023

Namanya saja mudik, sudah pasti durasi perjalanan terasa lebih panjang. Praktis, kondisi perjalanan yang panjang ini akan menguras tenaga yang dengan sendirinya memicu rasa lapar. Kondisi ini tidak hanya bunda yang merasakan lho, si kecil juga sama. Perut si kecil keroncongan, siap-siap akan memantik rewelnya.

Perut yang lapar tak hanya bikin perut keroncongan saja tapi juga emosional. Istilahnya adalah ‘hangry’ alias hungry dan angry. Jadi benar juga kalau ada orang yang suka sebut orang yang lapar itu gampang jadi galak.

Memang logis sih karena lapar itu memicu kecemasan, stres, gelisah, yang pada ujungnya mudah menyulut amarah. Rasa lapar juga menandai tubuh kekurangan glukosa dan nutrisi, sehingga perlu makan.

Studi ilmiah dari Universitas Ohio, Amerika Serikat, menemukan fakta di mana semakin rendah kadar gula dalam darah seseorang, maka dia akan semakin mudah marah dan agresif.

Nah inilah alasan utama menjaga kestabilan ‘perut’ saat perjalanan mudik yang sudah pasti panjang dan melelahkan. Perut yang ‘stabil’ akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sejumlah ahli gizi menyarankan agar camilan yang dibawa saat mudik tidak hanya mengandung kalori yang tinggi tapi juga tak sebatas karbohidrat saja. Selain itu, camilan itu diupayakan pula mengandung serat.

Kira-kira camilan apa yang dimaksud itu? Oke, berikut berapa camilan yang dapat bunda pilih sebagai teman perjalanan mudik bersama si kecil.

1. Buah potong

Bawa bekal buah jadi cara praktis. Buah seperti apel, semangka, jeruk, melon, dan sejenisnya mengandung serat. Selain itu, buah juga kaya akan kandungan air sehingga dapat mencegah dehidrasi selama perjalanan. Ingat ya bunda, dehidrasi dapat membuat tubuh menjadi lemas, pusing, dan menurunkan kesadaran.

Agar lebih nikmat, tak ada salahnya mencampur potongan buah itu dengan Pino Es Serut Buah yang sudah dibekukan dulu. Jadi si kecil akan merasakan tidak hanya cita rasanya saja tapi juga sensasi spesial saat mengecap potongan buah yang dicampur Pino Es Serut Buah.

2. Susu low fat

Sebaiknya tunda dulu minum kopi atau teh selama perjalanan mudik karena memicu dehidrasi. Kenapa bisa? Karena kopi dan teh bersifat diuretik. Solusinya adalah jus buah atau susu.

Ada cara praktis mendapatkan kebaikan susu yakni dengan bawa bekal Permen Susu Milkita. Selain punya varian rasa seperti coklat maupun strawberry, Permen Susu Milkita kaya akan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

3. Jagung rebus

Jagung rebus juga nikmat menjadi camilan selama perjalanan. Sudah masuk golongan sayuran, jagung rebus juga menawarkan rasa yang manis dan mudah disukai anak-anak. Biar lebih praktis saat menikmati jagung rebus, bunda dapat merontokkan biji jagung dari bonggolnya lebih dulu.

Itu dulu tiga opsi yang dapat bunda pertimbangkan agar perut tidak keroncongan dalam perjalanan mudik. Bunda tetap kedepankan asupan gizi dalam pemilihan camilan untuk buah hati selain juga berfungsi untuk menjaga ‘kestabilan’ perut. Selamat mudik bareng keluarga bunda!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel