Artikel

Yuk Ajarkan Anak Untuk Mengenal Resolusi Tahun Baru, No 3 Jangan Sampai Kelupaan Yaa

Post pada 09 Jan 2024

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mengajak si kecil mengembangkan kebiasaan baru. Nah, Bunda dapat lakukan ini dengan mengajak si kecil membuat resolusi tahun baru yang menyenangkan bersamanya. 

Resolusi tahun baru dapat menjadi bagian si kecil dalam mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. Hal ini juga dapat membantu si kecil lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas ke depannya, apalagi jika dia berhasil mencapai target yang ditentukannya sendiri. 

Dalam membuat resolusi tahun baru, Bunda dapat menemani si kecil dan membuatnya bersama-sama. Agar si kecil mau menjalankan apa yang dibuat nanti, ada beberapa tips yang perlu Bunda perhatikan juga. 

Berikut ini kami bagikan 3 cara membuat resolusi tahun baru yang menyenangkan bersama si kecil. 

1. Beri Contoh Resolusi Tahun Baru Bunda

Hal pertama yang Bunda bisa lakukan untuk mengenalkan resolusi tahun baru kepada si kecil adalah dengan memberi contoh resolusi yang Bunda buat sebelumnya. Bunda juga perlu jelaskan apa tujuan dari resolusi tahun baru itu dan apa manfaatnya untuk Bunda jika nanti bisa memenuhi target itu. Dengan demikian, si kecil akan paham bahwa ternyata Bunda pun melakukan hal yang sama. Karena itu dia akan lebih semangat dalam membuat resolusi juga nantinya. 

Baca juga: Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Jadi Kenyataan 

 

2. Tidak Mendikte

Tips kedua dalam membuat resolusi tahun baru bersama anak adalah tidak mendikte. Bunda jangan mendikte apa saja yang harus dicapai oleh si kecil. Biarkan dia memikirkan sendiri apa yang akan menjadi resolusinya. Bunda dapat memberi masukan atau arahan jika diperlukan tapi jangan mengarahkan si kecil untuk melakukan sesuatu. Hal ini agar si kecil nantinya akan sukarela mengerjakannya mengingat dia sendiri yang membuat target tersebut. 

3. Buat Daftar yang Mudah dan Singkat

Untuk membantu memudahkan si kecil, Bunda dapat mengarahkan agar si kecil membuat resolusi tahun baru dalam bentuk daftar yang mudah dan singkat. Tidak perlu memaksakan banyak target tapi beberapa saja cukup agar si kecil pun tidak merasa terbeban dalam menjalankannya nantinya. Di bawah ada beberapa contoh resolusi tahun baru yang bisa dibuat oleh si kecil. 

Resolusi tahun baru si kecil janganlah disamakan juga dengan resolusi Bunda ataupun Ayah. Tak perlu membuat daftar yang serba wah tapi nanti malah menyulitkan si kecil sendiri dan akhirnya menjadi tidak semangat dalam melakukannya. Bunda dapat mencoba beberapa contoh resolusi tahun baru untuk si kecil berikut ini:

  • Lebih rajin membantu Bunda dan Ayah dalam membersihkan rumah.
  • Menjaga kerapian dan kebersihan kamar tidur si kecil sendiri. 
  • Lebih sering berbagi dengan teman – entah itu makanan ataupun mainan. 
  • Merapikan mainan setiap selesai bermain.
  • Menyantap makanan tanpa pilih-pilih. 

Mengajak si Kecil Bertambah Baik di Tahun Baru

Nah, itu beberapa tips membuat resolusi tahun baru yang menyenangkan bersama si kecil. Bunda juga harus ingat kalau resolusi ini jangan sampai menjadi beban untuk si kecil. Dalam mencapainya nanti, Bunda dapat menggabungkan aktivitas si kecil dengan hal-hal yang membuat si kecil senang. Misalnya, jika si kecil berhasil menjaga kebersihan kamar tidur, Bunda dapat memberikan camilan sehat yang enak sebagai hadiah. 

Berikan Permen Susu Milkita Bites. Permen Susu Milkita yang merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. 

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

Bagikan Artikel