Artikel

Cara Mengatur Uang THR dengan Bijak Menurut Ahli, Perhatikan 5 Hal Ini

Post pada 16 Mar 2023

Jakarta, 16 Maret 2022. Bulan Ramadan sudah di depan mata, artinya tunjangan hari raya (THR) juga akan datang. Namun, tak sedikit dari kita yang justru belum pintar atur uang terlebih ketika THR datang.

Bahkan fenomena tidak pintar atur uang dalam mengelola THR ini kerap kali kita hadapi di kehidupan sehari-hari  Menanggapi hal itu, NOVA bersama PINA menghadirkan talkshow yang bertajuk Cara Kelola Uang THR dengan Bijak.

Talkshow yang dikemas dalam acara NOTICE (NOVA Goes To Office) ini dilakukan di kantor PT United Family Food (UNIFAM) Rabu (15/03) yang juga diikuti oleh sejumlah karyawan UNIFAM.

Pada acara ini, hadir Rista Zwestika, CFP (Head of Advisory and Invesment PINA) sebagai narasumber. Menurut Rista, dalam mengatur uang THR harus diperhatikan beberapa poin penting ini, yakni:

1. List semua biaya kebutuhan untuk Hari Raya Idul Fitri

Sahabat NOVA harus menuliskan beberapa daftar yang dibutuhkan untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri, mulai dari hal kecil hingga kebutuhan pokok.

“List dulu apa saja yang dibutuhkan, mulai dari kasih orangtua, kasih adik-kakak, keponakan, uang bensin akomodasi berapa, bawa oleh-oleh atau tidak, pokoknya harus detail semua,” kata Rista.

2. Membayar utang-utang yang ada

Kalau masih ada utang, Sahabat NOVA bisa gunakan uang THR untuk pelunasan utang tersebut.

“Kalau masih ada tagihan pinjaman online, pay later, sebaiknya dilunasi dengan pendapatan uang THR ini,” ucap Rista.

3. Menabung untuk kebutuhan dana darurat

Pentingnya tabungan untuk dana darurat juga kerap kali terabaikan, untuk itu Sahabat NOVA bisa mulai menabung dana darurat dari uang THR.

“Ini bisa juga uang THR digunakan untuk menabung dan sebagai dana darurat,” ucap Rista.

4. Membayar biaya atau kewajiban yang dikeluarkan tahunan

“Sebetulnya biaya kewajiban seperti pajak kendaraan dan PBB Rumah itu bisa diambil dari pendapatan bulanan, tapi beda cerita kalau uang bulanan tidak cukup, bisa pakai THR,” papar Rista.

5. Untuk investasi dan tabungan untuk mencapai tujuan keuangan

“Jadi uang THR itu sebisa mungkin digunakan untuk hal yang produktif, salah satunya juga untuk investasi,” tandas Rista.

 

Sumber: Nova

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel