Artikel

Contoh Aktivitas Fisik yang Dilakukan Anak di Rumah Tanpa Bunda Sadari

Post pada 06 Feb 2023

Anak perlu aktif bergerak secara fisik! Semua bunda tentu sepakat. Anak yang aktif bergerak bukan sekadar menyalurkan energi berlebih tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Tubuh anak makin lebih sehat dan kuat.

Ada pun manfaat anak aktif bergerak antara lain metabolisme tubuh lebih baik, tidur malam lebih lelap, nafsu makan makin meningkat, dan daya tahan tubuh makin kuat. Dari segi psikis, anak yang aktif bergerak akan menumbuhkan rasa percaya diri, mudah fokus, dan gampang bersosialisasi.

Maklum, aktivitas fisik sendiri merupakan gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot dan menuntut energi. Lagi pula, anak yang aktif secara fisik juga menjadi penanda paling sederhana bila dia tidak mengalami gangguan kesehatan.

Bicara aktivitas fisik untuk anak di sini bukan semata-mata diartikan berolahraga. Justru ketika anak bermain pun sudah masuk aktivitas fisik. Sebenarnya ada banyak aktivitas fisik yang dilakukan anak di rumah yang mungkin tidak bunda sadari. Misalnya seperti di bawah ini.

1. Joget

Berjoget termasuk aktivitas fisik lho bunda! Bisa jadi tingkah lucu dan menggemaskan si kecil saat berjoget bakal menarik perhatian. Coba bunda cek dengan seksama aktivitas fisik yang dia lakukan tanpa disadari saat berjoget. Menggoyangkan badan, menari-nari dengan tangan, berloncat-loncatan, atau berputar-putar mengikuti irama musik.

2. Bermain bola

Mengejar, menendang, dan melempar saat anak bermain bola juga masuk aktivitas fisik. Bermain bola akan memperkuat otot, tulang, jantung, dan paru-paru. Syaraf motoriknya akan bekerja penuh karena bermain bola menuntut koordinasi anggota tubuh, keseimbangan, dan refleks dari si kecil.

3. Meniru binatang

Permainan meniru binatang juga bagian dari aktivitas fisik. Ketika bunda memperlihatkan tontotan satwa liar, anak akan meniru tingkah polahnya. Misalnya gaya buaya berjalan, cara kuda berlari, cara monyet bergelantungan di pohon, dan lain sebagainya.

4. Menyusun balok

Ketika anak menyusun balok, maka syarat motorik anak turut bekerja. Tangan anak aktif bergerak. Begitu pun kaki ketika balok yang sudah tersusun tinggi, maka kakinya akan menopang tubuhnya agar tetap seimbang.

Itulah beberapa aktivitas fisik di rumah yang mungkin kurang bunda sadari. Tinggal bagaimana bunda terlibat aktif dalam aktivitas fisik anak selama di rumah. Tentu saja, kehadiran bunda akan membuat anak makin gembira. Kegembiraan makin lengkap bila bunda menyajikan Pino Es Serut Buah yang kaya akan vitamin dan menyegarkan. Ayo bunda, dorong anak aktif bergerak di rumah!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel