Kegiatan Perusahaan

Cuma Butuh Waktu Singkat Pastikan Produk Kemasan Itu Aman untuk Anak

Post pada 27 Jul 2023

Cuma butuh waktu singkat, bunda langsung tahu camilan kemasan itu layak atau tidak untuk dikonsumsi untuk keluarga. Jurus singkat ini dibeberkan Badan Pengawas Obat dan Makanan alias BPOM, lembaga yang mengurus urusan keamanan pangan untuk umat negeri ini.

“Paling pertama adalah pastikan kemasan dalam kondisi baik,” tukas Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes Deputi III Bidang Pengawasan Pangan Olahan menjawab pertanyaan Bunda Norma Ratih dari Denpasar yang menjadi peserta Webinar “Pintar Pilih Camilan Manis, Anak Ceria, Ibu Stress Free” hasil kolaborasi antara PT United Family Food, NOVA, BPOM, dan Sahabat Nova, pekan lalu.

Langkah berikutnya adalah memastikan bunda membaca informasi produk yang tercantum pada label makanan kemasan. Label yang tercantum dalam kemasan itu adalah informasi zat-zat yang terkandung dalam produk dan nilai gizinya. Informasi itu menjadi bahan pertimbangan yang harus diketahui konsumen sebelum memutuskan untuk membeli.

Informasi yang lazim tercantum dalam label kemasan adalah kandungan gizi, gula, garam dan lemak. Dari situ, konsumen dapat mengelola besaran konsumsi seperti kadar gula maupun kadar garam sehingga dapat mencegah munculnya penyakit seperti diabetes.

Contohnya, anjuran konsumsi gula harian sebisa mungkin jangan melebihi 50 gram atau setara dengan empat sendok makan. Sedangkan kadar garam yang masuk ke tubuh maksimal lima gram dan lemak diatur di bawah 67 gram.

Selanjutnya adalah memastikan produk kemasan itu harus punya izin edar dari BPOM. Gampang kok mengeceknya, cukup dengan mengakses cekbpom.pom.go.id maupun aplikasi BPOM. ”Jangan lupa cek juga tanggal kadaluarsa yang menjadi penanda kualitas pangan terjamin mutunya,” terang Rita.

Lebih jauh Rita menekankan literasi mengenai keamanan pangan perlu terus diedukasi terus menerus. Edukasi mengenai keamanan pangan tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak, mulai dari pemerintah, produsen, BPOM, media, dan keluarga.

Semangat agar konsumen makin cerdas dan terpenuhinya literasi dalam mengkonsumsi produk kemasan juga menjadi sejalan dengan visi PT United Family Food. Perusahaan yang dikenal sebagai produksi Permen Susu Milkita ini punya program edukasi berupa hashtag #BacaLabelBaruBeli.

Program ini merupakan bagian dari perwujudan misi Unifam yang ingin membantu para Ibu di Indonesia dengan menawarkan produk-produk terbaik serta pelayanan yang menyenangkan, lebih bermanfaat, dan juga baik untuk keluarga.

 

 

 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel