Artikel

Daftar Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan agar Anak Cinta Tanah Air

Post pada 16 Agu 2022

Cinta tanah air itu hukumnya wajib. Itulah kenapa membangun rasa kebanggaan pada Tanah Air mesti dipupuk sejak dini. Mumpung Indonesia lagi merayakan kemerdekaan yang ke-77, menjadi momen tepat menumbuhkan semangat nasionalisme kepada buah hati.

Ada banyak kegiatan yang dapat bunda optimalkan agar si kecil lebih mengenal bangsa dan negaranya. Selain terlibat dalam perlombaan yang lazim digelar di sekolah maupun lingkungan rumah, bunda bisa kok menciptakan kegiatan yang mendorong anak terbangun rasa nasionalismenya. Apa saja itu? Yuk dibaca terus sampai akhir.

1. Berdongeng

Mendongeng dapat menjadi media yang tepat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Tentu saja konten dongengnya bisa diisi dengan kisah-kisah kepahlawanan dan sejarah perjuangan bangsa. Biar lebih menarik, ajak si kecil berdiskusi seputar tema kepahlawanan. Melalui dongeng, anak akan lebih mengenal para founding fathers dan meneladani sikap mendahului kepentingan bangsa.

2. Berkunjung ke tempat bersejarah

Ajaklah si kecil berkunjung ke tempat bersejarah. Misalnya museum atau pun lokasi yang memiliki nilai sejarah. Bila tidak memungkinkan, bunda bisa mengajak anak virtual tour ke berbagai tempat bersejarah di seluruh negeri. Jangan lupa, ceritakan juga kisah-kisah kepahlawanan di balik lokasi bersejarah tersebut.

3. Nyanyikan lagu perjuangan

Ini boleh dibilang jadi kegiatan paling seru, yakni menyanyikan lagu-lagu perjuangan nasional. Misalnya lagu Hari Merdeka, Bagi Mu Negeri, Ibu Pertiwi, atau Garuda Pancasila. Akan lebih asyik memilih lagu nasional dengan beat atau tempo cepat sehingga membangun rasa semangat anak.

4. Mengenalkan aneka ragam budaya dan hayati

Kenalkan anak dengan kekayaan budaya dan hayati Indonesia. Mulai dari adat istiadat, busana, rumah adat, cerita daerah, alat musik, sampai kuliner. Termasuk di sini juga kekayaan hayati Indonesia dari tanaman pangan sampai buah-buahan. Agar lebih menyenangkan, Bunda bisa menghadirkan Pino Es Serut Buah sebagai sampel buah-buahan yang banyak tumbuh di Indonesia. Kemudian, santap deh Pino Es Serut Buah bareng buah hati.

5. Selalu mencintai produk dalam negeri

Ini yang tak kalah penting, yakni mencintai produk dalam negeri! Yakinkan pada si kecil bila produk-produk made in Indonesia tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Selain kualitasnya yang oke, produk dalam negeri juga disukai negara lain. Sebut saja produk camilan PT United Family Food seperti Permen Susu Milkita yang sudah dipasarkan sampai negara Amerika Serikat.

Kira-kira itulah cara yang sederhana dalam membangun rasa cinta Tanah Air. Selain menambah wawasan anak lebih luas, kegiatan itu juga menjadi strategi membangun bonding antara bunda dan si kecil!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel