Artikel

Minum Es Bikin Sakit? Yuk Luangkan Waktu Cari Faktanya

Post pada 30 Jun 2021

Siang-siang minum es segar sekali rasanya ya moms, kita orang dewasa saja senang sekali minum es, apalagi anak-anak. Namun, dibalik kenikmatannya, meminum air es atau mengkonsumsi minuman dingin lainnya dianggap sebagai biang keladi batuk dan pilek. Maklum, anggapan ini sudah menjadi ‘kepercayaan’ turun-temurun.

Sebelum termakan ‘kepercayaan turun-temurun’ itu, ada baiknya meluangkan waktu mencari fakta. Benarkah minum es itu biang keladi pilek dan batuk bila dikonsumsi anak?

Sebagai langkah awal, coba dicermati pemicu batuk dan pilek adalah turunnya daya tahan tubuh. Jadi ketika daya tahan tubuh lagi oke, kemudian mengkonsumsi minuman dingin, pasti tak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Melansir dari Vice Indonesia, Andi Khomeini Takdir Haruni dari Ikatan Dokter Indonesia menjelaskan tidak ada korelasi langsung antara konsumsi minuman dingin, air es, dengan batuk pilek flu. Kalaupun minum es seringkali bikin batuk di Indonesia, Andi menambahkan masyarakat perlu fokus pada sumber es yakni kebersihan air yang disajikan.

Kembali lagi ke ‘kepercayaan turun-temurun’ yang menuduh minuman dingin sebagai biang keladi batuk pilek anak. Perlu ditekankan, penyebab batuk pilek pada anak adalah infeksi virus atau bakteri. Di sinilah peran orangtua agar lebih selektif saat memberikan minuman dingin kepada anak. Sebaiknya, pastikan anak dalam keadaan prima. Serta jenis makanan atau minuman apapun yang dikonsumsi anak diperhatikan kebersihannya.

Atau memberi opsi cemilan es yang tidak bikin batuk yakni PINO Ice Cup. PINO Ice Cup merupakan minuman perisa dalam bentuk cup (Ice Cup) yang memiliki aneka ragam rasa buah. Tersedia dalam rasa anggur, strawberry dan jeruk dapat dibeli di minimarket terdekat.

Produk dari Unifam ini juga dibuat dengan paduan perisa buah-buahan yang memberikan kesegaran dan gula asli tanpa pemanis buatan. PINO Ice Cup juga lebih enak bila disajikan dengan cara dibekukan terlebih dahulu dalam lemari pendingin. PINO Ice Cup dapat dinikmati bersama keluarga di momen apapun.
Cara mencegah anak pilek

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah cara terbaik untuk mencegah pilek. Berikut cara mudah mencegah pilek:

a. Rutin mencuci tangan

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan flu dan batuk. Namun caranya tentu tidak cukup hanya dengan membasuh menggunakan air. Biasakan dengan menggosokkan telapak tangan dengan sabun selama 60 detik, atau 30 detik dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

b. Perbanyak Minum Air.

Saat gejala flu muncul penting untuk segera minum lebih banyak air atau jus untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Tidak hanya dengan minum, kamu bisa konsumsi sup ayam atau sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan cairan.

c. Konsumsi Makanan Bergizi

Pola makan sehat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan gizi yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, serta sayuran berwarna yang kaya antioksidan.

d. Istirahat cukup

Penelitian menunjukkan tubuh membuat sel sistem kekebalan baru saat kita tidur. Saat tidur, tubuh juga memproduksi protein yang dikenal sebagai sitokin. Jenis protein tersebut penting untuk melawan infeksi dan peradangan diproduksi. Itu sebabnya, istirahat yang cukup diperlukan agar sistem kekebalan tubuh prima.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel