Artikel

Hari Gizi Nasional Momen Tepat Edukasi Dampak Buruk Malnutrisi

Post pada 24 Feb 2022

Di Indonesia terdapat dua tanggal yang ditetapkan sebagai hari untuk memperingati pentingnya asupan makanan bergizi. Dua tanggal yang dimaksud adalah 25 Januari dan 28 Februari. Namun masyarakat kadang keliru membedakan hari peringatan gizi itu.

Bedanya adalah, tanggal 25 Januari ditetapkan sebagai Hari Gizi dan Makanan saja. Lain halnya tanggal 28 Februari lebih condong sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia. Meski tujuan dari hari peringatan itu sama tapi keduanya berbeda.

Hari Gizi Nasional atau HGN merupakan agenda utama pemerintah dalam mensosialisasikan program perbaikan gizi nasional. Artinya, setiap 28 Februari menjadi momentum untuk meningkatkan edukasi masyarakat terhadap pentingnya gizi, pertumbuhan masyarakat yang sehat, dan hidup berkualitas.

HGN merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat melek seputar makanan bergizi. Maklumlah, kurang terpenuhinya kebutuhan gizi menjadi pangkal terjadinya malnutrisi, khususnya anak-anak.

Padahal, makanan bergizi bukan barang mewah atau sulit terjangkau. Makanan bergizi mudah ditemui di sekitar. Tinggal mempelajari aneka makanan yang mengandung aneka zat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan lain-lain.

Sebagai pengingat kembali, ada baiknya menambah wawasan gizi dan nutrisi apa saja yang diperlukan tubuh.

1. Karbohidrat

Beras, gandum, jagung, adalah sumber karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi. Karbohidrat adalah nutrisi yang diperlukan tubuh agar menjalankan fungsinya. Asupan karbohidrat yang cukup akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Karbohidrat juga bertanggung jawab terhadap berat badan tubuh ideal. Serat dalam makanan yang mengandung karbohidrat memberikan efek kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Protein

Protein berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh. Protein yang masuk ke tubuh akan dipecah menjadi aneka macam asam amino yang kemudian diserap tubuh untuk kebutuhan metabolisme.

Idealnya, tubuh memerlukan 0,8 gram protein dari setiap 1 kg berat badan tubuh. Kaum hawa membutuhkan 36 gram protein setiap harinya, sedangkan laki-laki di sekitaran 44 gram protein.

3. Lemak

Lemak menjadi nutrisi yang penting dalam penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Di samping itu, lemak juga membantu pembentukan hormon di tubuh. Makanan yang mengandung lemak diperoleh dari kacang-kacangan, alpukat, dan lain-lain.

4. Vitamin

Vitamin tidak dapat diproduksi tubuh. Alhasil, pemenuhan vitamin bersumber dari makanan. Misalnya saja Pino Ice Cup yang kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Satu hal lagi, vitamin C tidak dapat disimpan di tubuh sehingga penting menjaga pemenuhan vitamin tersebut.

5. Mineral

Mineral berperan meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Kemudian, mineral juga mempengaruhi metabolisme tubuh. Tubuh akan memberi tanda ketika asupan mineral tak terjaga seperti rambut rontok, kulit kering, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM untuk melihat promo terbaik.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel