Artikel

Anak Punya Jiwa Kompetitif Itu Bagus, tapi Jangan Lupa Ajari Siap Kalah

Post pada 07 Okt 2022

Membangun jiwa kompetitif pada anak itu bagus. Hanya jangan lupakan juga jiwa sportifitas. Maksudnya, semangat kompetitif harus pula diikuti dengan semangat menerima kekalahan dan kemenangan.

Konsep ini perlu dikenalkan dengan baik pada si kecil. Sedari awal, dia harus memahami rasa senang karena kemenangan tidak bersifat selamanya. Hal yang sama juga berlaku saat merasakan kekalahan, itu juga tidak selamanya.

Dari sini, si kecil akan belajar membangun karakter tidak takabur saat merayakan kemenangan sekaligus terhindar merasa rendah diri saat menderita kekalahan. Meski begitu, mengajarkan konsep menang dan kalah kepada buah hati memang tak mudah. Bunda sebaiknya punya segudang trik agar anak tidak salah menerima konsep ini.

Misalnya dalam hal pujian. Saat anak mendapat kemenangan dari sebuah kompetisi, pujian difokuskan pada kemampuan dan kecakapannya. Bisa pula pujian diarahkan secara spesifik pada perilakunya. Dengan begitu, anak termotivasi untuk mengulang hal itu di lain hari.

Sedangkan saat si kecil mengalami kekalahan, bunda sebaiknya menghindari sikap mengkritik. Lebih-lebih membandingkan si kecil dengan yang lain. Tekankan kepadanya bila kemenangan maupun kekalahan adalah sesuatu yang wajar. Selain itu, beri pengertian kepadanya bahwa ada peluang meraih kemenangan lagi di masa yang akan datang.

Memang, bunda akan menyaksikan anak bersedih saat menyadari telah kalah dalam suatu kompetisi. Dalam momen ini, bunda tak perlu berlebihan dalam menyemangati. Biarkan si kecil belajar menerima risiko dari kekalahan yang bersumber dari pilihannya sendiri.

Cara ini bertujuan agar anak belajar menjadi lebih berani dalam mengambil keputusan, memilih, dan berstrategi. Bunda boleh kok memberikan masukan dan motivasi kepadanya agar lebih baik lagi.

Lain halnya bila anak terlalu mendapat kritik berlebihan atas kekalahannya. Justru akan dikhawatirkan dia akan malas dan emoh mengambil keputusan. Bisa jadi, kritik yang diterima membuatnya trauma dan enggan lagi berkompetisi. Bahkan lebih parah lagi, dia akan mencari kambing hitam atas kekalahannya.

Sebagai bentuk penyemangat agar kesedihan buah hati tidak berlarut-larut akan kekalahannya, bunda bisa saja memberikan Pino Es Serut Buah. Dengan aneka rasa buah dan sensasi yang menyegarkan, Pino Es Serut Buah dapat membuat wajah anak ceria lagi!

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Bagikan Artikel