Artikel

Ide Aktivitas Seru Tanpa Gadget Bareng Si Kecil Selama Perjalanan Mudik

Post pada 06 Apr 2023

Durasi perjalanan mudik tidak pernah bisa dipastikan. Bila di hari normal, waktu tempuh Jakarta ke Solo via jalan tol biasanya membutuhkan waktu 8 jam. Lain halnya pas arus mudik, waktu tempuh bisa lebih lama bahkan dalam kondisi tertentu bisa lewat dari 20 jam.

Situasi tidak terduga ini yang sebaiknya bunda antisipasi, terlebih untuk si kecil. Perjalanan mudik bisa membuat anak bosan yang memantik sifat rewelnya. Maka itu, sejak sebelum berangkat, bunda juga perlu mempersiapkan aktivitas seru bareng si kecil selama tempuh perjalanan mudik.

Jadi, masukan ide kegiatan seru selama perjalanan mudik sebagai poin yang perlu dipersiapkan di luar camilan, obat-obatan, dan kebutuhan si kecil. Nah berikut ini beberapa ide yang dapat bunda pertimbangkan agar anak tidak bosan selama perjalanan mudik.

1. Main tebak-tebakan lagu

Lagu bukan hanya sekedar untuk menemani perjalanan, tapi juga bisa jadi bahan main tebak-tebakan. Apalagi musik terbukti bermanfaat bagi anak, seperti mengurangi stres dan mengembangkan kepekaan.

Bunda tinggal menyiapkan saja deretan lagu-lagu yang familiar bagi anak. Kemudian buat aturan main. Misalnya menebak judul lagu maupun meneruskan lirik lagu yang menjadi obyek main tebak-tebakan. Jika si kecil menjawab tepat, berilah apresiasi berupa tepuk tangan atau hadiah camilan favorit seperti Permen Susu Milkita. Dijamin, si kecil bakal makin semangat bermain!

2. Kenalkan jenis moda transportasi

Traveling dapat menjadi sarana anak belajar banyak hal, termasuk adalah aneka jenis kendaraan yang lalu lalang di jalan. Si kecil akan menyaksikan langsung bentuk dan dimensi kendaraan yang selama ini mungkin hanya bisa dilihat di buku-buku bacaan. Misalnya saja truk, bus, kereta api, andong, dan lain sebagainya. Biar makin seru, bunda bisa menghubungkan aneka jenis transportasi di jalan itu dengan sejumlah tokoh kartun kesukaan anak.

3. Bercerita tentang objek yang ditemui di jalan

Sekali lagi, traveling dapat menjadi sarana edukasi bagi anak. Satu di antaranya adalah anak bisa mengenal objek-objek yang jarang ditemui. Saat dalam perjalanan mudik, anak akan mencermati banyak sekali objek seperti sungai, bendungan, gedung, rumah sakit, dan lain-lain. Di sini, wawasan anak akan bertambah bila bunda ikut aktif menerangkan semua objek yang menjadi perhatian si kecil.

4. Jadi komentator

Sudah sangat lazim bila si kecil bakal lebih cerewet dalam perjalanan. Dia akan banyak bertanya dan banyak bercerita. Agar keriangannya dapat tersalurkan, cobalah tantang dia menjadi seorang komentator. Dia bebas untuk mengomentari apapun yang dilihat, termasuk camilan yang dimakan.

Misalnya saja bunda bisa memberi tantangan dia untuk mengomentari camilan Pino Es Serut Buah. Mulai dari cita rasanya, kandungan gizi, cara penyajian, dan alasan Pino Es Serut Buah cocok dikonsumsi semua kalangan. Sudah kebayang seru bukan!

Itulah ide aktivitas seru yang dapat bunda pertimbangkan yang tidak memerlukan gadget. Penting ya bunda agar si kecil tidak menatap gadget selama perjalanan mudik karena dapat memicu pusing. Oh ya jangan lupa, tetap jaga kesehatan selama mudik dan balik ya bunda. Happy long holiday!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel