Artikel

5 Tips Rayakan Hari Raya Idul Fitri Selama Masa Pandemi

Post pada 07 Mei 2021

Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu umat muslim sedunia. Sayang, momen Lebaran tahun ini mengharuskan kita merayakan Idul Fitri di rumah. Hal ini demi menekan penularan COVID-19 .

Tidak perlu sedih mengingat kerinduan silaturahmi fisik pada keluarga dan kerabat tertunda lagi. Agar Idul Fitri terasa tetap meriah dan menyenangkan, ada beberapa hal kecil yang seru meski merayakan lebaran di rumah. Berikut lima tipsnya:

1. Belajar masak menu khas lebaran

Hari Raya Idul fitri tidaklah lengkap tanpa menu khas Lebaran, khususnya ketupat dan opor ayam. Sebelum Lebaran tiba, pastikan telah menyiapkan daftar menu yang ingin dibuat, termasuk hidangan Lebaran yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Anda tetap dapat memasak santapan lezat khas Hari Raya bagi keluarga tercinta Anda tanpa harus keluar rumah.

2. Bingkisan Hari Raya

Berbeda dari tahun sebelumnya, sebagian besar aktivitas silaturahmi di Hari Raya kali ini dilakukan melalui panggilan video dan ucapan spesial di media sosial sudah menjadi pilihan utama untuk tetap terhubung bersama sanak saudara dan keluarga.

Selain melakukan panggilan dengan keluarga Anda, Anda juga dapat mengirimkan bingkisan Hari Raya bagi keluarga, teman dan rekan bisnis Anda.

Bagi Anda yang ingin praktis tanpa harus mengumpulkan produk satu per satu, anda bisa membeli semua produk Unifam di platform E-commerce sebagai bingkisan unik di hari raya.

3. Ikuti khutbah di televisi atau media sosial

Khutbah saat Idul Fitri biasanya ditayangkan oleh berbagai stasiun TV atau tayangan live di media sosial. Saat Idul Fitri tiba kamu bisa menyaksikan tayangan khutbah dan memaknai nilai-nilai kebaikan yang disampaikan dalam khutbah tersebut.

4. Silaturahmi Virtual

Tradisi lain yang tidak bisa dilaksanakan pada Lebaran tahun ini adalah bersilaturahmi ke rumah kerabat, saudara, dan tetangga, bahkan mudik pun kini tak dapat dilakukan.

Jangan berkecil hati. Walaupun harus terpisah jarak tetapi silaturahmi harus terus terjaga. Usai melaksanakan salat Ied, jangan lupa untuk menghubungi keluarga, teman, dan saudara untuk saling bersilaturahmi dan saling memaafkan baik melalui aplikasi zoom, whatsapp, dan lainnya.

5. Dekorasi Rumah

Meskipun harus menghindari kerumunan, kita tetap memerhatikan kerapian ruangan rumah saat lebaran.

Sehingga, saat ada tamu mengunjungi, rumah kita dalam keadaan bersih dan rapi. Selain itu, dengan mendekorasi ruangan pun dapat mendukung suasana saat kita melakukan silaturahmi virtual dengan keluarga yang berada di jauh.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel