Artikel

Ini Aktivitas yang Menyenangkan Cegah Anak Alami Speech Delay

Post pada 28 Okt 2023

Mengembangkan kemampuan berbicara adalah tahapan yang penting dalam tumbuh kembang si kecil. Cuma kadang-kadang, anak bisa saja mengalami keterlambatan bicara atau speech delay.

Speech delay menjadi kondisi yang seringkali membuat bunda khawatir. Padahal secara umum, anak yang berusia dua tahun sudah mampu mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata atau lebih.

Masalah keterlambatan bicara ini dapat dipicu sejumlah faktor. Mulai dari gangguan pendengaran, perilaku, masalah psikososial, dan lain-lain. Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait masalah ini.

Meski begitu, bunda bisa melakukan sejumlah aktivitas bareng anak untuk mengatasi terjadinya speech delay. Tenang, aktivitas ini menyenangkan kok. Dan yang terutama adalah memaksimalkan waktu berkualitas bareng buah hati. Oke, berikut aktivitas menyenangkan yang dimaksud. 

  1. Bermain peran

Bermain peran atau roleplay terbilang efektif menstimulasi anak berbicara. Dalam permainan ini, anak akan berupaya untuk berkomunikasi. Misalnya bunda bisa mengajak anak bermain roleplay menjadi hewan seperti kucing. Ajaklah si kecil untuk menirukan suara kucing. Atau bisa pula peran lain seperti menjadi raja atau ratu. 

  1. Meniup lilin

Mungkin ini kegiatan sederhana, tapi tahukah bunda bila meniup lilin sama halnya melatih otot-otot motorik di area mulut dan wajah si kecil. Seperti diketahui, aktivitas meniup lilin akan mendorong anak menggerakkan otot di mulut, rahang, lidah, dan pipi. 

  1. Ucapkan kata yang sama secara berulang

Mengulang-ulang kata yang sama bisa menjadi cara efektif dalam mencegah anak mengalami speech delay. Lewat pengulangan kata yang sama, anak bisa memahami dan merespons kembali kata-kata itu. Bila anak mengucapkan kata yang salah, mintalah untuk mengulangi kembali. Lakukan it uterus-menerus. 

  1. Tingkatkan frekuensi mengobrol

Mengajak ngobrol sangat dianjurkan untuk membantu si kecil mengembangkan kemampuan bicara dan bahasa. Lewat ngobrol, si kecil akan menerima banyak kata-kata yang baru.

Manfaatkan waktu ngobrol bareng si kecil ini dengan menceritakan aktivitas apapun. Termasuk di sini membahas camilan seperti Permen Susu Milkita Bites. Terangkan padanya bila Permen Susu Milkita Bites merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama.

Ketika si kecil menikmati langsung permen ini, setidaknya akan membantu pemahamannya akan arti kata kenyal dan renyah lewat praktik langsung.

Sederhana bukan? Aktivitas yang dilakukan itu hanya membutuhkan komitmen waktu saja dari bunda. Perlu diketahui, bunda sebaiknya sudah bisa memahami sekitar 50 persen ucapan anak ketika sudah berusia dua tahun. Pemahaman bunda akan ucapan si kecil terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia 

 

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel