Artikel

Ini Pesan Penting dari Aktivitas Bunda Dampingi Anak di Hari Pertama Sekolah

Post pada 14 Jul 2022

Memasuki dunia sekolah bagi anak-anak usia dini menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Tak heran bila sekolah selalu mengadakan orientasi saat tahun ajaran baru dimulai agar anak dapat beradaptasi di lingkungan baru, teman baru, dan materi pembelajaran.

Dalam proses inilah, Bunda memegang peranan penting untuk menemani anak di hari pertama sekolah. Bahkan saat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dijabat Anies Baswedan, pemerintah menganjurkan agar orangtua mengantar anak di hari pertama.

Maklum, anak memerlukan waktu beradaptasi memasuki lingkungan sekolah. Dia memerlukan rasa aman yang mana itu didapat dari bunda. Proses beradaptasi tiap anak pasti berbeda-beda. Bagi yang pemalu, mungkin memerlukan waktu lebih panjang. Lain halnya anak yang berkarakter supel, dia terlihat lebih matang dan luwes di lingkungan sekolah.

Sejatinya, seberapa perlukah mendampingi anak di hari pertama sekolah? Yuk lanjut bacanya di bawah ini.

1. Mendekatkan relasi dengan anak

Mengantarkan anak ke sekolah bukan sekadar menggugurkan kewajiban orangtua semata. Justru aktivitas satu ini berperan mendekatkan relasi dengan anak. sepanjang perjalanan, bunda dapat membangun komunikasi yang intens. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman.

2. Bunda dapat mengenal lebih dekat dengan pihak sekolah

Hari pertama sekolah adalah waktu yang tepat untuk mengenal guru dan lingkungan sekolah. Ini dapat menjadi momen bagi bunda untuk tahu lebih dalam tempat buah hati menuntut ilmu. Tidak hanya itu, Bunda dapat pula berkenalan dengan sesama wali siswa.

3. Bangun rasa percaya diri

Bunda pasti ingin buah hati cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, baik pada guru maupun teman-temannya. Kehadiran bunda di sekolah dapat memotivasinya lebih percaya diri. Keberadaan bunda akan mendorong anak lebih mandiri.

Menemani anak di masa awal usia sekolah bukan hanya menuntut kehadiran fisik bunda, tapi juga bagian dari dukungan terhadap perjuangan buah hati melewati masa orientasi. Di samping itu, ini juga bagian dari upaya mempersiapkan mental dan emosional anak dalam fase penting dalam usianya.

Satu hal lagi, ajaklah anak lebih terbuka terhadap segala hal yang terjadi selama di sekolah. Langkah ini sebagai bentuk perhatian kepada si kecil. Agar komunikasi terjalin lebih hangat, Bunda dapat mempersiapkan Pino Es Serut Buah yang sudah dibekukan di kulkas.

Kehadiran Pino Es Serut Buah bukan sekadar membuat komunikasi lebih menyenangkan, tapi juga sebagai bentuk rewards kepada si kecil untuk bersemangat ke sekolah!

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel