Artikel

Jadi Penceramah Cilik, Cara Asyik Latih Anak Tingkatkan Skill Berkomunikasi

Post pada 27 Mar 2023

Ada banyak ilmu dan keterampilan yang dapat bunda latih pada anak selama bulan puasa. Bukan sekadar menahan lapar dan haus atau pun pendidikan moral lainnya. Bunda dapat mendesain kegiatan keagamaan yang memiliki daya tarik anak.

Selain itu, kegiatan keagamaan itu juga mengedepankan yang ramah anak dan dekat dunia anak. Sebutan kerennya, kegiatan yang mengandung edureligi dan religitainment. Pendek kata, kegiatan itu didesain untuk melatih keterampilan anak.

Contohnya adalah kegiatan untuk menjadi penceramah singkat! Maksudnya, ceramah singkat ini biasanya berisi materi ringan tentang pesan-pesan kebaikan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Lazim dibawakan oleh ustad maupun dai dalam durasi kurang dari 10 menit.

Ceramah singkat ini juga disampaikan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami semua orang. Nah bagi si kecil, kegiatan sebagai penceramah singkat ini menjadi sarana latihan berbicara di depan umum.

Artinya, kegiatan sebagai penceramah singkat akan membantu anak mengembangkan keterampilan berbicara, memperkuat rasa percaya diri, dan yang sudah pasti adalah meningkatkan kemampuan komunikasi.

Perlu persiapan dengan baik

Bunda dapat menjadikan kegiatan ini sebagai sarana melatih ketrampilan baru bagi si kecil. Maka itu, bunda perlu mempersiapkan dengan baik. Khususnya persiapan tentang materi-materi yang menjadi isi dari ceramah.

Kemudian, bunda juga harus memastikan isi ceramah itu relevan dan mudah dimengerti si kecil. Paling utama adalah mengandung pesan yang tidak sulit dilakukan anak-anak. misalnya saja tema berbakti kepada orangtua, melatih kesabaran, menuntut ilmu juga bagian dari ibadah, bersikap baik kepada semua orang, dan lain-lain.

Si kecil juga mesti memahami dulu pesan-pesan Islami yang ingin disampaikan. Lalu menyusun kalimat-kalimat sederhana yang mudah dipahami semua orang dan beragam usia. Lantas yang tak kalah penting adalah memperhatikan durasi waktu yang telah ditentukan.

Bila perlu, bunda dapat memberi contoh berupa tayangan video dai-dai cilik yang dapat diakses via YouTube atau platform sosial media lainnya. Cuma jangan dilepas begitu saja, bunda sebaiknya tetap memberi bimbingan dan saran sehingga komunikasi dengan anak tetap ada.

Kegiatan melatih anak sebagai penceramah singkat selama bulan puasa dapat menjadi sarana yang positif mengembangkan potensi si kecil. Selain meningkatkan keilmuan dalam keagamaan, tapi dia juga belajar menjadi sosok yang berakhlak dan memberi manfaat bagi banyak orang di sekitar.

Satu lagi, jangan lupa juga menyiapkan Pino Es Serut Buah sebagai ganjaran atas usaha dan upaya si kecil memberikan yang terbaik. Camilan yang dibekukan terlebih dulu di kulkas ini dapat menjadi hadiah spesial untuk buah hati tercinta. Di samping menyegarkan, Pino Es Serut Buah juga kaya akan kandungan vitamin yang diperlukan si kecil!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel