Artikel

Jurus Cerdas Pilihkan Produk Minuman Kemasan yang Tepat untuk Anak

Post pada 28 Jun 2022

Sudah tak terhitung lagi produk minuman kemasan yang beredar di pasaran. Selain menawarkan aneka rasa, produk itu juga dibungkus dalam kemasan yang menarik perhatian anak.

Tentu saja ini jadi tantangan tersendiri. Bunda mesti jago dalam memilah produk minuman kemasan yang aman dikonsumsiĀ  buah hati. Mungkin bisa baca-baca referensi atau langsung bertanya ke pakar gizi.

Pada umumnya, ahli kesehatan menyarankan agar anak menghindari minuman teh instan karena mengandung zat berbahaya tanin. Zat ini bertanggung jawab terhadap terhambatnya penyerapan zat besi yang berpotensi anak terkena anemia.

Begitu pun dengan minuman bersoda. Sebaiknya jaga anak agar menghindari produk ini dulu. Maklum, minuman berkarbonasi mengandung tinggi gula yang bisa mencapai 12 sendok teh. Kebanyakan gula memicu obesitas. Belum lagi minuman tersebut membuat pertumbuhan tulang terganggu minuman bersoda memudahkan pengeluaran kalsium dari tubuh.

Meski begitu, bukan berarti anak dilarang mengkonsumsi minuman kemasan. Tetap ada produk minuman kemasan yang aman untuk anak. kira-kira apa saja ya?

1. Air mineral

Kalau ini sudah tak perlu ditanya lagi. Ini adalah produk minuman yang paling baik untuk anak. Minum air mineral kemasan tidak akan membuat anak gampang kehausan. Selain itu, minum air mineral membuat anak tercukupi dalam urusan kebutuhan cairan dan mencegah dia mengalami konstipasi alias susah buang air besar.

2. Susu

Minuman kemasan susu merupakan produk yang direkomendasikan ke anak. susu sudah dikenal sebagai minuman yang kaya protein dan kalsium tinggi. Alangkah baiknya anak dipilihkan susu dengan kadar lemak rendah atau malah bebas lemak. Kemudian lebih afdol lagi memberikan susu kemasan murni tanpa gula.

Oh iya perlu ditekankan di sini, produk minuman susu kemasan baru boleh diberikan saat anak sudah berusia di atas setahun ya, bunda!

3. Jus buah atau minuman rasa buah

Minuman kemasan buah boleh diberikan ke anak. Minuman ini mengandung berbagai vitamin, terutama Vitamin C. Meski begitu, tetap diperhatikan agar pemberian produk minuman satu ini dibatasi. Memang bagusnya membuat sendiri jus buah di rumah. Anak dalam rentang usia 1-6 tahun, jus buah dapat diberikan sampai 180 ml per hari. Sedangkan anak di usia 7-18 tahun dapat mengkonsumsi jus buah sampai 360 ml per hari.

Boleh kok sekali-kali memberikan minuman rasa buah atauĀ dessertĀ seperti Pino Es Serut Buah. Produk ini tidak akan membuat batuk karena dibuat dari bahan berkualitas dengan tambahan vitamin B kompleks. Jangan lupa, bekukan dulu di kulkas agar makin nikmat saat dikonsumsi.

Itulah bunda pentingnya memilah-pilah minuman kemasan yang beredar di pasaran. Hal ini mengingat banyak produk yang secara khusus menyasar anak-anak sebagai target market. Kenali dan dalami dulu produk minuman kemasan itu sebagai langkah bijak sebelum memberikan kepada anak.

Jangan lupa untuk mengunjungiĀ TokopediaĀ &Ā ShopeeĀ UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel