Artikel

Jurus Kreatif agar Si Kecil Muda Ingat Alamat Rumah dan Nomor Ponsel Bunda

Post pada 10 Apr 2023

Satu ini penting tapi kadang-kadang suka ke-skip. Apa itu? Melatih anak untuk menghafal nomor ponsel dan alamat rumah. Selain itu juga mengenalkan nomor-nomor telepon penting ketika menghadapi situasi darurat.

Namun, hafal-menghafal deretan angka dan alamat memang bukan perkara mudah. Ada beberapa anak yang kesulitan mengingat-ingat. Maka itu, bunda perlu punya kiat jitu dan kreatif agar anak mudah mengingat alamat rumah dan nomor telepon penting. Berikut beberapa kiat yang bisa bunda terapkan.

1. Selalu tanya anak soal nomor ponsel dan alamat rumah

Mengingat-ingat nomor ponsel dan nomor rumah sama halnya dengan melatih si kecil belajar angka. Cobalah dengan bertanya,”Nomor rumah  kamu  berapa sayang?” pertanyaan sederhana ini bila dilakukan berulang-ulang akan memudahkan si kecil mengingatnya.

2. Manfaatkan Aplikasi Waze atau Google Map

Sedangkan untuk rumah, bunda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Waze atau Google Map. Cara ini lebih menyenangkan karena anak-anak sudah bersentuhan dengan teknologi. Ajari anak menuliskan alamat di kolom aplikasi tersebut sehingga langsung terlihat titik rumah yang dimaksud.

3. Libatkan anak menulis nomor ponsel dan alamat rumah

Kiat ini mendorong anak aktif menuliskan alamat dan nomor ponsel di secarik kertas. Biasakan setiap hari untuk mengulang kegiatan ini. Kemudian, kertas yang dituliskan alamat dan nomor ponsel itu diletakkan di tempat yang sering dilihat. Seperti pintu kamarnya, dekat tempat tidur, meja makan, dan kulkas.

4. Bikin permainan

Menjadikan kegiatan menghafal alamat rumah dan nomor ponsel dalam bentuk permainan akan membuat si kecil menyukainya. Ini adalah cara yang membuat si kecil mengulang angka-angka maupun sebutan nama jalan dan rumah secara tak sadar. Misalnya dengan mengisi deretan kotak dengan angka-angka yang merupakan nomor ponsel. Bisa juga bunda membuatkan teka teki silang yang berisikan nama jalan dan nomor rumah.

5. Lewat musik dan lagu

Cara ini juga tergolong seru. Apalagi lagu dan alunan musik dapat membantu anak meningkatkan kemampuan mengingat informasi. Cobalah sedikit memodifikasi lagu-lagu yang dikenal anak dengan lirik berisikan deretan angka nomor telepon dan alamat rumah. Biar lebih menyenangkan lagi, bunda dapat menyajikan Pino Es Serut Buah sehingga bikin si kecil bersemangat. Lewat aneka rasa buah yang menyegarkan karena sudah dibekukan dulu di kulkas, Pino Es Serut Buah akan menambah momen keseruan kebersamaan dengan si kecil.

Dari semua jurus itu, mana yang paling gampang bunda lakukan? Atau bunda punya ide-ide brilian lainnya? Pastinya, dorongan positif dari bunda sangat diperlukan dalam mengajarkan anak menghafal nomor ponsel dan alamat rumah. Yakinkan si kecil kalau dia mampu mengingat informasi penting tersebut.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel