Artikel

Luangkan Waktu Bersama Anak Dengan Masak Bersama

Post pada 28 Jul 2021

Keahlian memasak tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak zaman sekarang juga sudah banyak yang handal mengolah makanan. Salah satunya adalah Chiellyn Ashley, gadis cilik berusia 8 tahun yang memiliki bakat memasak luar biasa.

Dalam sesi Instagram Live #BijakBersamaOma, Kata Oma mengadakan sebuah kelas edukasi tentang dunia kuliner dengan tema DIY Pancake with Chiellyn Ashley. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para orangtua ternyata bisa mengajak anaknya berkreasi di rumah selama masa PPKM dengan kegiatan memasak bersama.

Menurut penuturan sang ibu, Ratna, Chiellyn suka memasak karena sering melihat dirinya beraktivitas di dapur. Ketika usia tiga setengah tahun Chiellyn suka memperhatikan dan banyak bertanya tentang apa yang ia lakukan sang ibu.

“Awalnya sering melihat saya masak di dapur kemudian dia jadi ikuti kegiatan mamanya. Setelah itu dia jadi coba belajar untuk masak,” ungkap Ratna.

Kemudian, Chiellyn semakin tertarik dengan adonan dan mulai bereksperimen membuat kue kering atau cookies. Menariknya, kue buatan Chiellyn enak.

“Sejak itu saya mulai memberi banyak kesempatan dan kepercayaan kepada Chiellyn untuk memasak di dapur,” kata Ratna.

 

Ratna menambahkan pengawasan orang tua tetap perlu saat anak memasak. Sebab ragamnya alat masak di dapur serta risiko saat masak yang ada di dapur.
“Tips terpenting supaya anak mau belajar masak yaitu, orang tua mau belajar memasak lagi, jaga komunikasi dan meluangkan waktunya bersama anak,” kata Ratna.

Ia berpendapat waktu terbaik yakni saat anak sudah menyelesaikan kewajibannya untuk pendidikan formal. Disamping itu hari sabtu dan minggu dapat digunakan secara maksimal agar anak lebih ada waktu lagi untuk berkreasi menciptakan makanan baru.

“Beri juga anak kesempatan menciptakan ide mereka sendiri supaya mereka juga percaya diri,” tambahnya.

Hobi Chiellyn pada memasak membuat konten media sosialnya banjir soal olahan makanan. Chiellyn yang berdomisili di Bandung ini rutin menyapa para pengikutnya di Instagram setiap hari. Tak ayal, dia pun dijuluki koki cilik.

“Buat aku, masakan yang bisa dicoba mudah yaitu cookies, roti marshmallow, sandwich dan burger,” Kata Chiellyn dalam Instagram Live.

Sekedar informasi, Acara ini diadakan sebagai salah satu bentuk dukungan dan kepedulian Kata Oma untuk memberdayakan wanita Indonesia dalam mendapatkan informasi yang tepat untuk menjaga kesehatan keluarganya.

Kata Oma berharap program #BijakBersamaOma ini akan memberikan manfaat dan dapat menjadi wadah sharing bagi para orang tua tentang bagaimana melindungi anak dari wabah ini dengan berbagai kegiatan seru.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel