Artikel

Manakah yang Berdampak Lebih Buruk, Anak Nonton Teve atau Main Gadget?

Post pada 31 Mar 2022

Bila disodori pertanyaan, mana yang dampaknya lebih buruk antara nonton teve atau main gadget bagi anak? Pasti jawabannya enggak seragam. Jawabannya pun juga lebih banyak karena faktor asumsi. Biar enggak meraba-raba, yuk bahas soal ini secara lugas.

Sebelumnya beredar mitos bila penglihatan akan berkurang bila menonton televisi dalam durasi panjang. Dr Lee Duffner dari American Academy of Ophthalmology memandang aktivitas menonton televisi tidak menyebabkan kerusakan fisik pada mata. Meski begitu, dia menilai bila kebiasaan menonton televisi dalam waktu panjang dapat membuat mata menjadi lelah.

Dampak dari aktivitas menonton televisi dalam waktu panjang justru mengundang gangguan kesehatan secara tidak langsung bagi anak. Mereka yang menghabiskan waktu di depan teve lebih dari empat jam sehari cenderung mengalami masalah berat badan. Kemudian, anak juga berpotensi meniru perilaku buruk akibat tontonan yang tak sesuai umur.

Memang, melarang sama sekali anak dari teve bukan solusi. Langkah yang dapat dilakukan orangtua adalah mengajak diskusi anak durasi yang ideal untuk menonton. Kemudian yang tak kalah penting adalah mendampingi mereka saat menonton.

Lalu bagaimana dengan anak yang waktunya habis bermain gadget? Sejumlah ahli meyakini main gadget berdampak lebih berbahaya. Apalagi gadget menawarkan interaktivitas yang membuat anak lupa waktu.

Gadget masuk kategori perangkat yang merangsang rasa senang yang tingkatannya setara dengan kafein. Hormon dopamine yang bertanggung jawab terhadap sensasi rasa senang dalam tubuh bekerja maksimal.

Penggunaan gadget yang berlebihan membuat anak menerima berbagai macam sensasi yang pada akhirnya mengganggu sistem saraf. Konkretnya, anak akan lebih moody. Mereka akan sulit lepas dari gadget.

Di saat bersamaan, bermain gadget juga meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Kadar ekspektasi mereka juga naik. Tak heran bila mereka akan lebih gusar begitu kalah saat main game online.

Begitu sudah memahami, maka orangtua sebaiknya mulai menciptakan strategi yang tepat agar anak tidak tergantung dengan gadget atau pun menonton teve. Hal yang paling mudah dengan melibatkan mereka dalam aktivitas yang jauh menyenangkan. Misalnya berkreasi membuat camilan sehat yang terbuat dariĀ susu kental manis Milkita. Atau bisa juga bikin permainan fisik yang seru dengan memberi hadiah berupaĀ Pino Ice CupĀ dengan aneka rasa buah yang tak menimbulkan batuk-batuk.

Jangan lupa untuk mengunjungiĀ TokopediaĀ &Ā ShopeeĀ UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel