Artikel

Manfaat Membiasakan Si Kecil Cerita Pengalaman Baik dan Buruk Hari Ini

Post pada 01 Feb 2023

Menghabiskan waktu bersama anak memang menyenangkan. Bukan sekadar mengundang tawa menyaksikan tingkah polah yang lucu dan menggemaskan, tapi lebih dari itu. Begitu banyak benefitnya, baik bagi bunda maupun bagi si kecil.

Bagi bunda, menghabiskan waktu bersama anak bisa meredakan stres. Ini dibuktikan dari studi ilmiah yang dilakukan peneliti Kansas State University di mana interaksi bersama anak bisa membawa manfaat bagi bunda, khususnya yang berpredikat single mother.

Blae Berryhill, peneliti yang terlibat dalam studi itu, menyimpulkan bila orangtua sudah merasa stres maka solusi yang jitu adalah menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak.

Di saat bersamaan, momen bersama anak juga berbuah positif dalam tumbuh kembangnya. Berikut ini beberapa benefit yang dirasakan anak ketika intim bersama bunda.

1. Merasa makin disayang

Meluangkan waktu bersama adalah bentuk perhatian paling nyata dari bunda kepada buah hati. Bukan hanya merasa disayang, anak akan merasa dilindungi dan diperhatikan. Praktis, anak akan menganggap dirinya adalah sosok penting dalam keluarga.

2. Komunikasi lancar jaya

Menghabiskan waktu bersama menjadi momen membangun keintiman. Keintiman ini membuat anak terbuka. Komunikasi pun menjadi lancar dan bunda tidak akan melewatkan informasi terbaru dari si kecil. Bahkan dengan pertanyaan sederhana dari bunda seperti,‚ÄĚceritakan apa yang buruk dan bagus dari hari ini?‚ÄĚ Pertanyaan itu akan mengundang cerita panjang dari buah hati.

3. Bangkitkan rasa percaya diri

Melewatkan momen kebersamaan dengan anak akan membuat bunda makin mengenal lebih dalam karakter dan sifatnya. Bunda juga akan mudah mengenali pola apa yang membuat si kecil sedih atau sebaliknya. Dari sini, bunda dapat membantunya mengembangkan social skill yang diperlukan dia untuk kedepannya.

4. Mengajarkan sifat welas asih

Menghabiskan waktu bersama menjadi kesempatan bagi bunda untuk menanamkan nilai-nilai welas asih atau kebaikan. Bunda bisa berbagi cerita, baik yang bersumber dari buku atau tontotan, yang relevan dengan membangun karakter yang welas asih.

Mungkin itu beberapa contoh yang dirasakan anak ketika bunda selalu meluangkan waktu bersamanya. Bahkan, anak mudah belajar bersyukur karena dia merasa beruntung dapat melakukan banyak hal bersama bunda. Entah itu bermain bersama atau pun berbagi cemilan seperti Pino Es Serut Buah. Dan, tunggu apalagi bunda! Yuk perbanyak waktu bersama anak mulai sekarang.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel