Artikel

Musim Hujan Tiba, Ini Waktunya Bunda Naikkan Level Waspada

Post pada 14 Okt 2022

Musim hujan sudah di depan mata. Ini waktunya bunda naikkan level waspada. Maklum, musim hujan sering diidentikkan dengan penyakit. Mulai dari flu, diare, penyakit kulit, sampai yang lumayan berat seperti demam berdarah maupun tipes.

Ada banyak faktor yang memicu tubuh si kecil rentan sakit saat musim hujan. Misalnya cuaca dingin saat musim hujan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Alhasil, bakteri dan  virus dapat leluasa menyerang tubuh.

Kemudian, musim hujan membuat si kecil kurang terpapar matahari. Padahal sinar matahari menstimulus tubuh memproduksi vitamin D yang menjadi tameng si kecil menghadang penyakit.

Terakhir, musim hujan membuat suhu lebih lembab dan banyak genangan air. Kondisi ini membuat bakteri dan virus berkembang lebih cepat dari biasanya. Populasi bakteri dan virus yang demikian pesat makin memperbesar potensi si kecil terpapar penyakit.

Pastinya bunda sudah menyiapkan jurus mencegah si kecil jatuh sakit. Utamanya adalah memperkuat kekebalan tubuh anak yang menjadi pertahanan pertama dari serangan bakteri dan virus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh buah hati.

1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Memastikan kecukupan vitamin C menjadi penting agar imunitas tubuh si kecil tetap mampu melawan penyakit. Vitamin C berperan memaksimalkan produksi sel darah putih, khususnya limfosit dan fagosit. Keduanya bertugas melindungi tubuh dari infeksi.

Perlu digarisbawahi, Vitamin C tidak diproduksi dan disimpan dalam tubuh sehingga memerlukan asupan dari luar. Kebutuhan Vitamin C bisa dipenuhi dari konsumsi buah-buahan maupun camilan enak seperti Pino Es Serut Buah yang kaya akan vitamin tersebut.

2. Ajak si kecil bergerak

Hujan memang bikin tubuh malas bergerak. Hawanya ingin tiduran saja. Maka itu, bunda yang sebaiknya memotivasi anak tetap aktif bergerak. Cobalah bikin permainan yang membuat si kecil aktif bergerak seperti lompat tali, gerakan yoga, dan lain-lain. Mempertahankan si kecil aktif bergerak turut membantu menguatkan sistem imunitas tubuh karena peredaran darah menjadi lancar dan kualitas tidur terjaga.

Saat mengajak si kecil aktif bergerak, boleh saja menyiapkan Pino Es Serut Buah. Rasa lelah si kecil mudah sirna lantaran Pino Es Serut Buah menawarkan sensasi yang menyegarkan.

3. Pastikan tubuh tidak dehidrasi

Cairan juga masuk komponen penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Maka itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh si kecil terpenuhi. Misalnya, usia di bawah setahun memerlukan cairan 800 mililiter per hari. Kebutuhan cairan makin meningkat seiring bertambahnya usia. Katakanlah, rentang usia 4-8 tahun memerlukan cairan 1700 mililiter per hari.

Kebutuhan cairan ini bisa didapatkan dari air mineral, susu, jus buah, maupun camilan sehat seperti Pino Es Serut Buah.

Pendek kata, bunda sebaiknya ingat-ingat lagi pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati saat musim hujan tiba. Langkah awal mencegah adalah memastikan sistem imun anak sanggup melawan serangan bakteri maupun virus.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Bagikan Artikel