Artikel

Ngemil Ternyata Bisa Jadi Kegiatan yang Menyenangkan bagi Bunda dan Si Kecil

Post pada 30 Jan 2023

Ketika dalam masa pertumbuhan, kebutuhan gizi tidak hanya bersumber dari makanan utama saja. Camilan pun juga penting. Maklum, energi yang diperoleh dari makanan utama mungkin belum cukup mendukung aktivitas dan tumbuh kembang si kecil.

Di sela-sela waktu makan, anak-anak biasanya akan mencari cemilan demi mengisi perut yang lapar. Jadi jangan heran bila anak tiba-tiba suka buka-buka kulkas atau toples. Di sinilah bunda mesti piawai menyediakan cemilan yang sehat yang mengandung ragam nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Seperti apa cemilan yang sehat? Paling sederhana adalah mengandung nutrisi, bersih, dan higienis. Bunda bisa memilih untuk membuat sendiri cemilan sehat atau membeli dalam bentuk kemasan yang lebih praktis.

Biar anak sudah mengenal cemilan yang sehat, ada baiknya bunda mulai memandunya lebih dulu seperti di bawah ini.

1. Camilan manis juga oke

Bunda jangan dulu antipati dengan cemilan manis. Bagaimana pun, anak-anak pasti menyukai cemilan yang manis. Camilan manis yang bisa jadi pilihan seperti yogurt, puding, sate buah dan sayuran, maupun salad.

2. Biasakan cek label nutrisi pada camilan kemasan

Bunda perlu mencermati tabel nutrisi pada makanan maupun minuman yang disiapkan menjadi cemilan untuk si kecil. Selain itu jangan terpaku dengan informasi yang tercantum dalam label kemasan. Bisa jadi ketika cemilan itu disebut rendah lemak atau bebas lemak, bisa saja malah mengandung kalori dan garam yang tinggi.

3. Batasi junk food

Melarang anak mengkonsumsi junk food mungkin bukan langkah bijak, opsi paling ideal adalah membatasinya. Selalu terangkan padanya bila menyantap junk food sifatnya hanya sekali-kali saja.

4. Ngemil bisa jadi kegiatan menyenangkan

Aktivitas ngemil tidak sekadar menghilangkan rasa lapar, tapi juga menjadi kegiatan menarik. Misalnya saja menyajikan Pino Es Serut Buah yang menawarkan sensasi berbeda. Kenapa? Karena saat mengkonsumsi setelah dibekukan di kulkas, si kecil harus menyerut terlebih dulu. Alhasil, sensor motorik anak akan aktif.

Tentu saja, mengenalkan konsep cemilan sehat pada anak menuntut bunda untuk menjadi teladan. Ketika bunda punya kebiasaan baik dengan menyediakan cemilan sehat di rumah, maka anak akan memahami sejak dini untuk menyeleksi cemilan yang baik saja.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO Indonesia, Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Bagikan Artikel