Artikel

Pahami Aturan Main Minum Jus Buah agar Manfaatnya Tetap Maksi

Post pada 30 Sep 2022

Memberikan jus buah pada anak jadi jurus ampuh memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk daya tahan tubuh. Minum jus juga dapat disebut cara paling praktis mendapatkan manfaat buah. Bahkan, buah hati dapat memperoleh khasiat dari berbagai buah lewat minum jus tanpa harus memakannya satu per satu.

Terlepas dari manfaatnya, jangan lupakan juga aturan main minum jus agar manfaatnya didapat. Bila pengolahannya kurang tepat dan waktu penyajiannya kurang pas juga, maka manfaat dari minum jus juga berkurang. Nah, agar jus buah dapat menjadi minuman sehat dan praktis, coba ingat beberapa poin di bawah ini.

1. Jus bukan pengganti makanan

Sah-sah saja bila bunda lagi diet, maka jus buah dapat menjadi pengganti makan malam. Meski begitu, jus buah tidak dapat mengganti sarapan dan makan siang. Buah-buahan tidak dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal yang diperlukan tubuh setiap hari. Bila kebutuhan kalori itu tak dipenuhi, maka daya tahan tubuh jadi lemah dan mudah diserang penyakit.

2. Jus bukan pengganti buah

Mengkonsumsi jus buah secara berlebihan juga kurang baik. Malah dapat berpotensi menaikkan berat badan. Cara paling ideal adalah tetap mengkonsumsi buah segar secara langsung. Dengan mengkonsumsi buah segar secara langsung, maka ada proses mengunyah di mulut dan lambung turut bekerja sehingga membakar 20 kkl.

3. Jangan disimpan terlalu lama

Jus buah sebaiknya segera diminum. Meski begitu, boleh saja mengkonsumsinya beberapa jam kemudian. Tapi dengan syarat disimpan dalam kondisi dingin dan terlindung dari cahaya. Cara ini setidaknya dapat mempertahankan kandungan vitaminnya sampai empat jam.

4. Jus tak selamanya rendah kalori

Bila bunda membuat jus alpukat, nangka, atau pun durian, maka itu termasuk jus buah dengan kalori tinggi sampai 200 kkal. Bila ingin jus buah dengan kalori rendah bisa memilih jeruk, apel, semangka, maupun melon.

5. Bisa campurkan dengan madu, susu, atau Pino Es Serut Buah

Untuk memperkaya rasa, bisa saja mencampurkan jus buah dengan madu atau susu. Bisa juga menambahkan Pino Es Serut Buah yang sudah mengandung gula asli sehingga rasa jus lebih manis. Idealnya, tubuh hanya boleh menyerap 50 gram gula per hari. Dengan memasukkan Pino Es Serut Buah yang dalam kemasannya sudah tertera kandungan gula, maka bunda dapat memonitor kebutuhan gula secara presisi.

Demikianlah aturan main minum jus buah yang lazim menjadi solusi mengatasi masalah kesehatan. Dengan memahami aturan main saat minum jus, minuman sehat ini akan semakin terasa manfaatnya bagi tubuh.

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel