Artikel

Pelukan Bukan Sekadar Ekspresi Rasa Sayang Bunda ke Si Kecil

Post pada 27 Nov 2023

Jangan sampai absen peluk anak ya bunda! Pelukan adalah bentuk komunikasi intim sekaligus mengepresikan rasa sayang pada buah hati. Dan menariknya, manfaat pelukan tidak sebatas itu melainkan lebih luas lho!

Menurut Parenting for Brain, memeluk anak setidaknya 20 detik saja bisa merangsang kecerdasannya. Termasuk juga di sini anak akan merasa lebih sehat, bahagia, dan secara nyata menilai betapa dirinya begitu disayang bunda.

Latar belakang ini yang membuat ahli parenting selalu menyarankan bunda untuk memeluk anak. Bahkan lebih jauh lagi, ada sejumlah manfaat lain yang sebaiknya bunda ketahui dari aktivitas sederhana itu.

  1. Anak lebih bahagia

Pelukan hangat dari bunda akan membentuk karakter anak. Dia akan tumbuh berkembang menjadi pribadi yang mudah berempati dan penyanyang. Pelukan dari bunda sejatinya adalah transfer energi baik kepada si kecil. Saat dipeluk, hormone oksitosin dalam tubuh si kecil akan makin meningkat sehingga membuat anak merasa bahagia.

  1. Anak jauh dari stres

Pelukan adalah bentuk nyata bunda hadir secara fisik bagi si kecil. Begitu anak dipeluk, praktis hormone endorphin dalam tubuhnya langsung bekerja. Hormon ini yang bertanggung jawab untuk menekan ketegangan fisik dan tekanan darah. Begitu bunda sering-sering memeluk anak, maka hormon ini akan aktif sehingga si kecil akan jauh dari stres dan cemas.

  1. Perkuat sistem imun tubuh

Ketika si kecil sakit, pelukan bunda adalah obat paling mujarab. Sederhana saja kok penjelasannya. Pelukan akan membawa sistem saraf si kecil dalam posisi seimbang. Ketika berpelukan, hormon oksitosin akan dilepas ke dalam aliran darah sehingga plasma hormon tiroid menurun. Ini lah yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

  1. Si kecil makin cedas

Pelukan berarti ada sentuhan fisik antara bunda dan si kecil. Sentuhan inilah yang menstimulasi saraf dan menunjang kerja otak si kecil. Pernyataan ini berangkat dari studi terhadap bayi yang tinggal di panti asuhan di Kawasan Eropa Timur. Bayi yang jarang mendapat sentuhan fisik seperti pelukan ternyata mengalami gangguan perkembangan kognitif.

  1. Emosi anak lebih stabil

Coba deh bunda perhatikan, pelukan akan meredakan emosi anak yang tidak stabil. Saat rewel atau suasananya bad mood, seketika akan berubah begitu bunda peluk. Hal ini wajar karena anak belum mampu mengkontrol emosi sehingga pelukan menjadi instrumen paling mudah untuk membuatnya lebih tenang dan stabil.

Terbukti bukan, kalau si kecil ternyata membutuhkan pelukan hangat dari bunda! Pelukan itu tidak sebatas sebagai bentuk rasa kasih sayang tapi jauh dari itu karena turut menopang tumbuh kembangnya. Bunda juga boleh kok memberikan Permen Susu Milkita Bites seusai memeluk anak.

Permen Susu Milkita ini adalah permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama. Produk ini bakal menbuat si kecil makin berseri-seri bahagia!

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopee dan Tokopedia

 

Bagikan Artikel