Artikel

Pendidikan Moral bagi Anak Penting, Pastikan sudah Dipupuk di Rumah

Post pada 28 Feb 2023

Bunda perlu menyadari pentingnya anak mendapat pelajaran moral sejak dini. Ini adalah pelajaran yang membangun buah hati menjadi sosok yang punya perasaan peduli dan sadar akan tanggung jawab sosial sejak dini.

Dan satu hal yang mesti digarisbawahi, pendidikan moral adalah seperangkat nilai yang harus mulai dipupuk dan dibiasakan di rumah. Lewat pendidikan moral, anak akan belajar makna kebaikan yang bersumber dari hati nurani.

Pendidikan moral akan mengajarkan buah hati terhadap standar perilaku yang berlaku umum dalam kehidupan bermasyarakat. Kurangnya kepekaan terhadap moral akan mengundang sanksi sosial.

Pada intinya, nilai-nilai moral dalam diri anak tidak muncul secara spontan. Bunda memegang peranan di sini. Tidak hanya didikan melalui bahasa verbal, tapi juga memberi contoh secara nyata. Sebut saja implementasi tentang etika, kejujuran, dan tanggung jawab, dan lain-lain.

Pendidikan moral tidak hanya sekadar bersfat normatif dan satu arah. Bunda sebaiknya melibatkan anak secara aktif untuk menilai perilaku tertentu dalam situasi nyata.

Dalam menanamkan pendidikan moral pada buah hati, bunda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Mencontohkan

Anak adalah cerminan dari orangtua. Artinya, setiap gerak-gerik bunda tidak luput dari pengamatan anak. Di sinilah bunda mesti memaksimalkan sifat peniru anak dengan memberi contoh nyata dari implementasi nilai-nilai moral dalam keseharian.

2. Berbagi pengalaman

Dalam momen yang intim, bunda dapat berbagi pengalaman bunda terkait nilai-nilai moral. Misalnya bagaimana melatih kepekaan dan kepedulian sosial terhadap sekeliling, maupun keputusan-keputusan yang bunda ambil yang berlandaskan moralitas yang berlaku.

3. Pilah-pilih informasi dari media dan internet

Bunda dapat menggunakan tontonan dari televisi maupun YouTube yang mempromosikan nilai-nilai moral yang relevan dengan usianya. Ini juga dapat membantu anak menyeleksi tontonan yang tepat.

4. Hadiah

Bunda boleh kok memberikan hadiah kepada buah hati saat menerapkan moral yang telah diajarkan. Contohnya memberikan hadiah berupa Permen Susu Milkita. Sengaja memilih permen karena produk ini digemari anak-anak. Lagi pula Permen Susu Milkita kaya akan kandungan gizi karena terbuat dari bahan baku susu segar.

Tinggal sekarang tugas bunda untuk terus-menerus memberi edukasi terkait pendidikan moral. Sekali lagi tidak perlu secara formal dan jauhi dari kesan menggurui. Kadang butuh daya kreatif bunda agar anak muda menyerap pendidikan moral.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel