Artikel

Pentingnya Faktor Jarak ke Sekolah sebagai Pertimbangan Cari Hunian

Post pada 30 Jun 2022

Fasilitas apa yang dicari saat membeli rumah? jawabannya segambreng. Mulai dari jarak ke kantor, akses ke transportasi umum, kelengkapan fasos atau fasum, sampai rumah sakit atau pusat perbelanjaan. Dari semua jawaban itu, bagaimana dengan sekolah? Apakah masuk pertimbangan juga?

Ini juga harus masuk kriteria dalam mencari hunian idaman. Pastinya bunda ingin si buah hati mendapatkan pendidikan berkualitas kelak. Belum lagi sekarang pemerintah menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru. Artinya, saat ini hukumnya wajib mempertimbangan jarak lokasi hunian dengan sekolah.

Pada umumnya, orangtua lebih banyak mengalah. Si ayah ikhlas kalau lokasi rumah rada jauh dengan kantor sepanjang buah hatinya lebih dekat dengan sekolah. Bakal lebih hepi lagi bila ada sekolah bagus dalam radius kurang dari satu kilometer dari lokasi rumah.

Ada sejumlah benefit memilih rumah yang berdekatan dengan sekolah, antara lain:

1. Hemat ongkos dan waktu

Ini sudah pasti, biaya transportasi anak bisa ditekan. Di samping itu, durasi perjalanan dari rumah ke sekolah juga lebih singkat. Anak tak perlu dipaksa bangun pagi buta atau risiko terlambat ke sekolah dapat pula ditekan.

2. Mudah pengawasan

Radius jarak yang dekat dengan sekolah akan membuat bunda lebih mudah mengawasi aktivitas anak. Bagaimana pun, keamanan anak adalah prioritas utama bagi orangtua. Bisa pula sewaktu-waktu bunda mengecek buah hati langsung ke sekolah ketika kangen, hehehe.

3. Valuasi rumah lebih tinggi

Hunian yang dalam radius dekat ke sekolah punya nilai yang lebih tinggi di masa depan. Bukan hanya infrastrukturnya saja, rumah yang dekat sekolah biasanya juga dekat dengan keramaian atau pun pusat bisnis.

Sedikitnya tiga keuntungan itu yang langsung dirasakan bila memilih hunian idaman dekat dengan sekolah. Hanya yang paling terasa benefitnya adalah membuat anak lebih nyaman karena menekan peluang anak terlambat ke sekolah.

Bayangkan bila jaraknya terlalu jauh, energi anak akan habis di jalan. Entah itu saat berangkat maupun pulang sekolah. Situasi ini akan berpengaruh terhadap stamina anak sehingga membuatnya kurang semangat belajar. Bahkan bisa pula menjadi faktor nilai akademis anak kurang maksimal.

Tak kalah penting lagi, lebih baik libatkan anak bila sudah masuk usia sekolah dalam proses pencarian rumah. Ini akan membuat anak merasa dihargai karena turut andil dalam keputusan yang akan berpengaruh terhadap masa depannya kelak.

Oh ya, saat ngobrol santai soal rumah bareng anak, jangan lupa sajikan Pino Es Serut Buah. Dengan aneka rasa buah, kesegaran Pino Es Serut Buah bakal makin menambah keseruan obrolan seputar rencana mencari rumah.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel