Artikel

Kenali Potensi Penyakit yang Sering Dialami Anak Seusai Lebaran

Post pada 27 Apr 2023

Bagi orang dewasa, perjalanan jauh pasti menuntut stamina yang prima. Hal yang sama juga berlaku bagi anak-anak. Di masa-masa arus balik seperti saat ini, perjalanan jauh dapat menyebabkan semua anggota keluarga mengalami kelelahan.

Kelelahan yang dialami selama perjalanan balik dari kampung halaman dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Ini pun juga berlaku bagi anak-anak. Alhasil, bunda perlu memberi perhatian ekstra terhadap potensi penyakit yang sering dialami seusai mudik lebaran.

Ada beberapa penyakit yang kerap menyerang anak-anak selepas masa arus balik lebaran. Apa saja itu?

Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek alias batpil dipicu dari virus maupun reaksi alergi. Virus yang tidak kasat mata ini menyebar di udara maupun kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi virus. Apalagi anak-anak bertemu banyak orang sehingga potensi tertular semakin tinggi.

Sudah terpapar virus dan kekebalan tubuh melemah cukup menjadi kombinasi timbulnya bibit-bibit batuk dan pilek. Alhasil, mencegah lebih baik daripada mengobati. Bunda sebaiknya memastikan sistem kekebalan tubuh anak terjaga. Caranya dengan memastikan asupan gizi tetap terjaga dan ditambah dengan vitamin C.

BACA: Camilan Sehat yang Bikin Perut ‘Stabil’ Jauh dari Rasa Lapar Selama Mudik

Bahkan bila perlu memilih camilan yang kaya akan vitamin C, seperti Pino Es Serut Buah. Produk besutan Unifam ini mengandung vitamin C yang diperlukan sebagai perisai tubuh agar anak tidak mudah terpapar penyakit.

Diare

Lebaran selalu identik dengan acara makan-makan besar. Ada banyak aneka makanan yang hanya tersedia di momen lebaran. Sebut saja ketupat, opor ayam, rendang, jajanan kue keringm dan lain-lain.

Makanan ini sudah pasti memancing anak untuk mengkonsumsi secara berlebihan. Di mata mereka, lebaran adalah momen aji mumpung buat makan banyak. Ini dapat memicu diare karena sistem pencernaan anak masih sensitif terhadap makanan bersantan maupun pedas.

Biar anak tidak mengalami masalah diare, ada baiknya bunda menyarankan anak mengkonsumsi dalam porsi tidak terlalu banyak. Di saat bersamaan, jangan lupa agar anak tetap mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

BACA: Banyak Peluang Lebih Dekat dan Hangat dengan si Kecil Selama Bulan Puasa

Sembelit

Saat lebaran, sembelit juga berpeluang dialami anak-anak. Sembelit atau konstipasi disebabkan karena feses lebih keras sehingga sulit dikeluarkan. Situasi ini membuat anak kesulitan buang air besar, atau bahkan mengalami kesakitan.

Anak akan lebih mudah rewel dan berkurang nafsu makan. Sebelum anak mengalami sembelit, pastikan agar bunda terus memberikan sayur-sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa juga agar anak tercukupi untuk minum air putih.

Jangan sampai ya bunda, momen lebaran yang seharusnya meninggalkan kenangan indah mesti disibukkan anak jatuh sakit. Oh iya, Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel