Artikel

Perilaku Positif yang Dapat Bunda Contohkan ke Si Kecil Selama Puasa

Post pada 30 Mar 2023

Bulan puasa menjadi momen tepat mengajarkan perilaku positif pada anak. Tentu saja, mencontohkan perbuatan secara nyata lebih efektif ketimbang sekadar memberi nasihat panjang lebar.

Bagaimana pun, keluarga adalah tempat pertama anak belajar. Tentu bunda tidak asing lagi bukan dengan istilah kalau perilaku anak itu ceriminan dari kepribadian orangtuanya?

Lazimnya, anak cenderung meniru perilaku orangtua karena menurut pandangannya itu adalah hal yang normal. Pandangan ini sudah tertanam dalam benak si kecil. Seiring bertambahnya usia, anak akan semakin tergantung pada sifat orangtua dan mencontoh kebiasaannya. Di sini termasuk cara bersikap, sopan santun, etika, dan gaya berkomunikasi dengan orang lain.

Nah, mumpung bulan puasa di mana bunda juga termotivasi juga untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang baik, maka manfaatkan pula untuk mencontohkan nilai-nilai positif pada diri anak.

Apa saja nilai-nilai positif yang bisa dicontohkan pada anak?

Kesederhanaan

Bunda pasti tidak ingin melihat si kecil tumbuh menjadi pribadi yang berlebihan. Di saat bersamaan, justru karakter ‘berlebihan’ itu bermula dari rumah. Kadang kala bunda kurang menyadari sikap berlebihan itu tercermin saat menyiapkan menu berbuka puasa dengan banyak makanan. ini sangat jauh dari gambaran prinsip kesederhanaan. Cukup menu sederhana saja atau bisa pula menyajikan Pino Es Serut Buah. Camilan produksi PT United Family Food ini menawarkan kesegaran dan melenyapkan dahaga seketika.

Berbagi

Sudah menjadi kebiasaan, bulan puasa adalah momen berbagi kepada siapapun. Bunda dapat memanfaatkan dengan memupuk jiwa sosial anak dengan melibatkan pada kegiatan berbagi. Tidak perlu agenda khusus mengunjungi panti asuhan. Cukup yang mudah saja dengan membagikan makanan kepada tukang sampah, tetangga yang membutuhkan. Bunda sudah mengajarkan dengan nyata apa itu berbagi.

Bersyukur

Bunda harus menunjukkan rasa syukur secara nyata di depan anak atas nikmat yang diberikan Tuhan. Terangkan kepada si kecil betapa beruntungnya kenikmatan yang didapat hari ini dibanding situasi anak-anak lain di luar sana.

Menahan diri

Contohkan kepada anak, berpuasa tidak sekadar menahan lapar dan haus saja. Puasa juga terkait dengan menahan emosi negatif dan mengelola rasa amarah. Ketika bunda dapat mengendalikan emosi dengan baik, maka anak akan merasakan secara langsung perubahan itu. Dia dapat merasakan bila puasa juga melatih kesabaran pada diri bunda.

Bertoleransi

Bulan puasa juga menjadi momen tepat mencontohkan nilai-nilai toleransi pada anak. Tetap menghormati hak orang lain yang bisa jadi tidak dapat menjalankan puasa, bisa karena faktor tertentu atau beragama lain. Selain itu, contohkan juga bila kegiatan puasa tidak merugikan orang lain.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel