Artikel

Pilihan Makanan yang Gugah Selera Anak tapi Tetap Kaya akan Vitamin

Post pada 16 Feb 2022

Anak-anak punya selera sendiri soal makanan. Selera disini sangat mempengaruhi hasrat mereka untuk makan. Seringkali yang dihadapi orangtua, selera makan anak berubah-ubah. Kemudian akan menjadi tantangan tersendiri bila selera makan anak jauh dari makanan sehat yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Makanan memegang peranan penting dalam mempertahankan daya tahan tubuh si kecil. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) makin memperparah keadaan. Imunitas anak akan mudah terganggu karena frustasi tak bisa bermain bersama teman sebaya atau kelamaan di rumah.

Alhasil, makanan menjadi kunci utama agar daya tahan tubuh anak tetap prima. Bukan hanya itu, mereka juga sedang masa perkembangan sehingga urusan makanan perlu diperhatikan dengan seksama.

Di sinilah pentingnya kreativitas orangtua, khususnya ibunda, dalam menyajikan makanan yang tak sekadar sesuai selera anak tapi masuk golongan makanan sehat. Jurus pintar-pintar mix and match makanan wajib dikuasai.

Lalu apa saja makanan yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin tapi relevan dengan selera anak? Ok, simak berikut ini ya.

1. Sereal

Memang jadi kontroversi menyajikan semangkuk sereal ke hadapan anak mengingat jenis makanan ini tinggi akan kandungan gula. Hal ini bisa disiasati dengan memilih sereal gandum yang kaya akan kalsium, mineral dan vitamin.

Akan lebih baik menambahkan susu, pisang, maupun potongan stroberi ke dalam mangkuk. Selain memperkaya rasa, tampilan sereal yang penuh warna akan menggugah selera makan anak.

2. Salad buah dan sayur

Sepakat kalau sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Pastinya oke banget buat menjaga daya tahan tubuh si kecil. Bila disajikan begitu saja, mungkin anak kurang menyukainya.

Itulah kenapa perlu sentuhan sedikit racikan agar anak tertarik. Satu di antaranya dengan membuatnya menjadi salad. Kunci salad yang nikmat ada di saus. Maka, cobalah buat salad sayuran makin gurih dengan saus dari campuran mayonaise dan saus tomat.

Bila salad buah, bisa dengan mencampurkan mayonaise dengan susu kental manis Milkita. Susu kental manis Milkita turut berpengaruh dalam mendongkrak cita rasa. bahkan produk satu ini kaya akan gizi. Jangan lupa, sajikan dalam bentuk yang unik agar menggugah selera anak.

3. Yogurt

Yogurt dapat masuk opsi agar daya tahan tubuh anak terjaga. Seperti dilansir Eat Right, Yogurt sangat bagus untuk pencernaan karena memiliki kandungan bakteri baik yang disebut probiotik.

Yogurt juga mempengaruhi imunitas tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin D. semua vitamin ini menjadi perisai penting bagi si kecil terhadap serangan virus sekaligus membuat tubuh beradaptasi dengan penyakit.

Demikianlah opsi agar selera makan anak tetap tinggi sekaligus asupan gizi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi.

Jangan lupa untuk mengunjungi Tokopedia & Shopee UNIFAM untuk melihat promo terbaik.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel