Artikel

Selamat Hari Perempuan Sedunia dan Nasional, Saatnya Berani Awali Perubahan

Post pada 04 Mar 2022

Sudah menjadi konsensus global bila 8 Maret diperingati sebagaiĀ Hari Perempuan Sedunia. Kemudian secara domestik, Indonesia juga punya hari spesial untuk perempuan yang jatuh tiap 9 Maret sebagai Hari Perempuan Nasional.

Sejatinya, Hari Perempuan Sedunia yang konon sudah digaungkan sejak tahun 1900-an ini merupakan bentuk pengakuan atas peran perempuan di berbagai sektor. Entah itu politik, sosial, kemasyarakatan, dan ekonomi.

Tema global Hari Perempuan Internasional di tahun ini adalah #BreakTheBias. Tema itu sengaja dipilih sebagai pesan semangat agar kaum hawa meningkatkan kesadaran terhadap isu kesetaraan gender.

Perempuan terus didorong agar selalu memberikan aksi-aksi nyata untuk melawan ketidaksetaraan, bias, dan stereotip terhadap perempuan. Sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye tersebut, silahkan membagikan foto di sosial media dengan pose menyilangkan tangan di dada.

Setiap tahun, Hari Peringatan Sedunia memiliki tema kampanye tersendiri. Di tahun ini memang sengaja menggalakkan kampanye anti bias agar perempuan secara kolektif dapat menunjukkan ke dunia bila mereka setara dengan kaum adam.

Dalam mewujudkan kesetaraan, kaum hawa harus menunjukkan keberanian memulai perubahan. Tak perlu yang ekstrem, cukup mengawali dengan menerima diri sendiri. Cintailah dan sayangi diri sendiri, baik itu kelebihan maupun kekurangan. Sikap menerima keadaan diri sendiri akan membangun rasa kepercayaan diri.

Perempuan dan laki-laki memang memiliki perbedaan biologis, tapi keduanya berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Perempuan juga berpeluang sukses di bidang apapun, termasuk bidang yang selama ini identik dengan pria.

Terlebih lagi, belakangan ini banyak perempuan yang sudah menjabat berbagai profesi penting di pemerintahan, swasta, maupun berstatus pengusaha sukses. Semua itu membuktikan bila kesempatan yang setara diberikan ke perempuan, maka dia akan meresponnya dengan karya yang nyata.

Mengacu pada bukuĀ Girls Resist! A Guide to Activism, Leadership and Starting a Revolution, Hari Perempuan Sedunia telah dipandang sebagai bagian dari Womenā€™s History Month. Maknanya adalah momen pengakuan terhadap pencapaian perempuan.

Selamat Hari Perempuan Internasional dan Hari Perempuan Nasional untuk seluruh perempuan hebat di Indonesia! Tetap pertahankan semangat untuk memastikan dunia berlaku adil dan setara kepada perempuan.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel