Artikel

Setuju Bukan Bila Pujian Itu Bentuk Komunikasi yang Bikin Anak Nyaman

Post pada 26 Okt 2022

Ayo ngacung, siapa yang rajin kasih pujian ke buah hati? Tentu saja, bunda pasti suka kasih pujian ke anak ketika melakukan sesuatu yang mengagumkan. Memberi pujian sendiri sebenarnya reaksi alamiah bunda lho.

Hanya, memberi pujian ke anak kadang susah-susah gampang. Bila berlebihan bisa jadi boomerang yang membuat anak haus akan pujian. Sebaliknya, jika dilakukan dengan tepat akan membantu dalam pembentukan karakter anak.

Pujian juga bagian dari bentuk komunikasi antara bunda dan anak. Lewat pujian, anak dapat belajar perilaku apa saja yang disukai bunda. Di saat bersamaan, pujian menunjukkan perhatian sekaligus penghargaan bunda kepada buah hati.

Selain membuat buah hati senang, bunda sebaiknya ketahui pesan positif lain akan makna pujian ke anak.

–   Dorong motivasi

Anak pasti bereaksi senang begitu mendapat pujian dari bunda tercinta. Pujian menjadi umpan balik yang ditunggu-tunggu anak. Ini akan memacu motivasi untuk mengulang lagi atas pencapaian-pencapaian yang pernah diraih.

–   Bikin anak percaya diri

Pujian membuat anak merasa nyaman. Secara langsung maupun tak langsung, pujian bunda akan membuat anak lebih percaya diri atas kemampuannya.

–   Tekan depresi

Pujian adalah ‘suplemen jiwa’ untuk anak. Ini serius lho karena sebuah studi pernah ungkap bila pujian berkontribusi menekan tingkat risiko depresi pada anak. Mau bukti? Coba deh beri pujian dan perhatikan ekspresi wajah buah hati? Pasti tergambar rasa senang dan berseri-seri.

Bagus kan manfaat pujian? Hanya bunda tetap harus mempertimbangkan caranya. Jangan sampai pujian itu berlebihan sehingga membuat anak terbuai dan haus pujian. Biar pujian bisa berefek positif, silakan pertimbangkan langkah-langkah ini.

Misalnya memberikan pujian yang spesifik. Artinya, anak memahami pujian merupakan bentuk komunikasi di mana bunda memberi perhatian pada setiap detail yang dilakukannya. Kemudian kedepankan pada kualitas pujian.

Contohnya dengan menyampaikan pujian yang dilengkapi ekspresi wajah bunda yang berseri-seri. Bila perlu sertakan love languange dan body languange yang dipahami anak. atau bunda bisa pula memberikan hadiah berupa Pino Es Serut Buah sebagai kejutan.

Intinya, anak berhak mendapat pujian dari bunda sebagai orang terdekatnya. Tinggal bunda menentukan ‘porsi’ yang tepat agar pujian itu tidak membuat anak menjadi sosok yang tinggi hati dan sombong.

Jangan lupa untuk mengunjungi Instagram PINO IndonesiaTokopedia & Shopee UNIFAM Official Store untuk mendapatkan promo terbaik dari produk-produk UNIFAM.

 

Bagikan Artikel