Artikel

Siasat Atasi Anak yang Penakut, Bunda Boleh Tiru Caranya

Post pada 20 Feb 2023

Mengatasi anak penakut memang butuh kesabaran. Toh pada prinsipnya, si kecil takut akan sesuatu itu yang wajar. Kadang orang dewasa juga tetap punya rasa takut, kan! Meski begitu  bukan berarti bunda adem-ayem saja dan membiarkan si kecil terus dihantui rasa takutnya.

Nggak mau kan si kecil tumbuh jadi pribadi yang penakut dan tidak punya karakter kemandirian. Nah, bukan bunda hebat dong kalau tak punya bekal menyiasati anak yang penakut.

Sekarang coba yuk diskusi kira-kira langkah-langkah apa saja yang dapat bunda lakukan agar rasa takut si kecil dapat diminialisir.

1. Tidak sepelekan rasa takut si kecil

Semua orang berhak punya rasa takut, termasuk si kecil. Jadi, bunda mesti memahami kalau rasa takut yang ditunjukkan si kecil adalah suatu kewajaran. Tunjukkan juga rasa empati kepada si kecil dengan kalimat-kalimat yang menyejukkan, sentuhan sayang, dan pelukan yang membuat si kecil nyaman.

2. Bunda adalah sumber rasa aman anak

Bunda adalah sumber rasa aman anak. Maka itu, penuhi tuntutan itu ke anak sehingga rasa nyaman anak akan terbangun dengan sendirinya. Bunda tak perlu memaksakan anak untuk menghilangkan rasa takutnya seketika itu juga. Justru rasa takut itu sebenarnya bentuk ekspresi anak akan pentingnya kehadiran bunda.

3. Dengarkan pendapat, bukan menghakimi

Daripada menghabiskan energi untuk membujuk, cobalah awali dengan meminta penjelasan apa sumber rasa takutnya. Dengarkan dengan seksama dan hindari untuk menghakimi. Ketika dia sudah membuka diri, barulah bunda tunjukkan ekspresi memahami perasaan si kecil. Berikutnya, barulah bunda membantu untuk memotivasi kepercayaan dirinya.

4. Berilah contoh

Terkadang, bercerita tentang rasa takut yang dialami bunda juga dapat memenangkan si kecil. Boleh saja kok bunda bercerita tentang kejadian yang membuat gugup, cemas, takut dan sebagainya. Tapi cerita tidak hanya berhenti sampai di situ, bunda perlu menambah penjelasan lagi bagaimana melewati rasa gugup, takut, dan ragu itu. Dari sini secara tak langsung, bunda memberi contoh nyata kepada si kecil apa saja formula yang dilakukan dalam mengatasi rasa takut.

Momen bercerita akan makin menyenangkan bila bunda menyiapkan Pino Es Serut Buah. Sambil menyerut camilan yang sudah dibekukan terlebih dulu di kulkas dengan aneka rasa buah yang menyegarkan itu, anak akan antusias mendengar cerita bunda.

Mungkin itu sejumlah strategi yang dapat bunda lakukan untuk mengatasi rasa takut yang dialami anak. Toh, rasa takut yang dialami anak sifatnya sementara kok. Bundalah yang punya peran penting agar turut membantu si kecil menjadi pribadi yang berani dan percaya diri.

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Bagikan Artikel