Artikel

Ternyata Liburan Sekolah Penting bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Post pada 29 Des 2023

Liburan sekolah selama ini menyesuaikan dengan liburan natal dan tahun baru atau nataru. Mungkin selama ini bunda memaknai liburan sekolah adalah waktunya anak beristirahat dari tugas-tugas sekolah. Padahal, liburan sekolah dapat menjadi ajang pembelajaran berbeda bagi si kecil melalui aneka aktivitas dalam maupun luar ruang.

Bila saat sekolah, materin pelajaran akan merangsang kerja otak kiri si kecil seperti berhitung, belajar logika, dan sejenisnya. Lain halnya saat liburan sekolah, kemungkinan otak kanan si kecil yang lebih aktif.

Stimulasi seperti menggambar, membuat benda dari barang-barang bekas, dan lain-lain saat liburan sekolah secara tak langsung akan merangsang otak kanan si kecil.

Maka itulah, sejumlah ahli parenting menganjurkan agar kegiatan selama libur sekolah sebaiknya keluar dari rutinitas harian saat sekolah. Dan tentu saja aktivitasnya mesti disesuaikan dengan usia si kecil. Banyak contohnya kok. Sebut saja berkemah. Aktivitas ini akan mendorong kemandirian si kecil dan keterampilan lainnya yang berkaitan dengan survival.

Akan tetapi, aktivitas luar ruang ini sebaiknya bunda komunikasikan dulu dengan si kecil. Biarkan si kecil mengutarakan pendapat aktivitas yang diinginkannya. Sebisa mungkin bunda dalam posisi mengarahkan bukan memaksakan.

Misalnya dengan mendorong si kecil merancang perjalanan keluar kota. Pancing si kecil untuk memikirkan apa saja yang diperlukan dalam perjalanan itu. Seperti Menyusun itinary, anggaran yang diperlukan, durasi perjalanan, dan lain-lain.

Pendek kata, aktivitas menghabiskan masa liburan sekolah sebaiknya diarahkan untuk memaksimalkan minat anak. Bunda akan menyaksikan sendiri ekspresi kebahagiaan si kecil dalam melakoni aktivitas yang diminatinya itu.

Liburan sekolah itu bagus untuk produktivitas anak

Jangan salah sangka lho bunda, liburan sekolah ternyata memegang peranan penting meningkatkan perkembangan anak. Mungkin bagi si kecil, liburan sekolah hanya sekadar masanya beristirahat dari rutinitas sekolah.

Meski begitu, masa liburan sekolah yang berarti menjaga jarak sejenak dengan sekolah akan menguatkan lagi seluruh potensi si kecil. Di sisi lain, liburan sekolah turut memegang peranan penting menjaga kondisi kesehatan anak baik fisik maupun mental. Selain itu, liburan juga bermanfaat untuk mengurangi rasa stres dan kecemasan pada anak.

Di saat yang sama, liburan turut membantu anak untuk menemukan atau melakukan kembali hobi yang selama ini tidak bisa dilakukan mengingat padatnya aktivitas sekolah.

Cuma yang tak kalah penting lagi, waktu liburan dapat memberi kesempatan kepada anak untuk lebih membangun kedekatan bersama keluarganya. Makin afdol lagi bila saat kebersamaan itu dilengkapi dengan Permen Susu Milkita Bites.

Permen Susu Milkita yang merupakan permen susu pertama dengan perpaduan tekstur renyah (crunchy) di luar & kenyal (chewy) di dalam, memberikan sensasi seru mulai dari gigitan pertama dapat menjadi camilan saat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Permen Susu Milkita Bites  di Shopeedan Tokopedia

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel