Artikel

Tips agar Si Kecil Betah Berlebaran di Kampung Halaman

Post pada 10 Apr 2023

Arus mudik lebaran 2023 akan menjadi yang terbesar dalam sejarah di Tanah Air. Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada 123,8 juta pergerakan orang tahun ini yang mudik Lebaran.

Angka itu berarti naik tajam sampai 44,2 persen dari pergerakan masyarakat saat Lebaran 2022, dengan angka 85,5 juta orang. Wajar bila sejumlah kalangan menilai perjalanan mudik tahun ini banyak tantangannya.

Tantangannya bukan hanya dalam urusan pergerakan manusia dalam satu waktu saja, tapi juga memastikan buah hati nyaman saat menghabiskan waktu di kampung halaman. Ada potensi si kecil tidak terlalu bergembira berlebaran bersama kakek dan nenek atau kerabat lain.

Kalau si kecil tidak betah, sudah pasti bunda akan repot. Si kecil tidak hanya akan uring-uringan saja, tapi juga sering rewel. Alhasil, bukannya menikmati momen berkumpul bersama keluarga besar, bunda bakal lebih sibuk menenangkan si kecil.

Potensi anak kurang nyaman di kampung halaman sebenarnya wajar. Anak mungkin butuh waktu untuk beradaptasi di tempat baru. Jangan samakan dengan orang dewasa atau bunda, ketidaknyamanan si kecil karena dia ada di tempat yang asing.

Bunda tidak perlu merespons dengan berlebihan saat anak kurang nyaman di kampung halaman. Yakinkan pada diri bunda kalau si kecil sedang dalam proses beradaptasi dengan kebiasaan baru di rumah kerabat atau kakek dan neneknya.

Misalnya saja perbedaan saat menggunakan kamar mandi yang lebih tradisional dan bisa jadi di ruang terbuka, koneksi internet yang kurang stabil karena si kecil sudah terbiasa dengan gadget di rumah.

Faktor lainnya bisa jadi karena cuaca. Adanya perbedaan cuaca di kota dan kampung halaman dapat membuat si kecil tidak nyaman. Tapi bukan bunda pintar dong kalau menyerah dengan kondisi ini.

Tidak perlu mencari solusi menginap di hotel demi si kecil nyaman, cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini agar anak nyaman di rumah kerabat atau kakek di kampung halaman.

1. Jadikan anak tidak merasa asing

Langkah pertama adalah pastikan membuat ruangan di rumah nenek nyaman untuk si kecil. Tidak perlu mengubah banyak, cukup meletakkan boneka atau mainan favorit di kamar yang ditempati. Cara ini akan membuat anak tidak merasa asing saat tinggal di rumah kakek atau nenek.

2. Siapkan camilan kesukaan anak

Alangkah baiknya bunda tetap menyiapkan bekal camilan favorit anak di rumah kakek atau nenek. Jadi si kecil akan merasa tidak ada perbedaan dengan di rumah. Misalnya saja memastikan Pino Es Serut Buah tersedia sehingga anak merasa lebih nyaman. Bisa pula memastikan toples di meja tamu rumah nenek terisi dengan Permen Susu Milkita. Dengan begitu, anak akan merasa lebih betah di kampung halaman.

3. Ciptakan kenangan spesial

Mudik adalah pengalaman baru bagi si kecil. Maka itu, jadikan ini momen spesial dengan menciptakan kegiatan yang membuatnya lebih berkesan. Sebut saja bermain air di sungai yang jernih sambil memancing, melihat hewan ternak di sekitar rumah kakek, atau jalan-jalan di areal persawahan. Pasti seru bunda!

Itulah tiga usulan yang dapat bunda terapkan agar si kecil nyaman menginap di rumah kakek dan nenek di kampung halaman. Bila perlu, bunda sudah mulai berbagi cerita dan pengalaman di kampung halaman dengan si kecil sebagai pra kondisi sebelum mudik. Selamat mudik ya dan salam buat keluarga semua!

Kunjungi lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Berita Terbaru


Bagikan Artikel