Artikel

Tips Belajar Online Efektif Saat Pandemi COVID-19 

Post pada 04 Agu 2021

Semenjak pandemi terjadi akibat penyebaran Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, segala macam bentuk kegiatan menjadi “dirumahkan”. Semua pihak, semua orang, harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dan tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar.

Cukup banyak adaptasi yang perlu dilakukan para peserta didik berkaitan dengan kegiatan sekolah daring alias sekolah online ini. Dari yang biasanya bangun pagi, sarapan, berangkat ke sekolah, ketemu banyak teman, belajar di ruang kelas, diajarin langsung secara tatap muka dengan guru, lalu selesai sekolah bisa main sebentar sebelum pulang, kemudian semua itu berubah.

Sejak pandemi, siswa akan berhadapan dengan gadget atau komputer dan laptop untuk kemudian mengikuti kegiatan belajar dipandu sang guru yang juga mengajar dari rumah. Perubahan metode pembelajaran tatap muka menjadi belajar online saat ini tentu menjadi tantangan besar karena pengawasan guru jadi tidak bisa secara langsung.

Nah! Terus bagaimana caranya supaya kegiatan belajar mengajar online ini bisa tetap efektif? Seperti apa tipsnya supaya putra-putri kita tetap mampu menyerap pelajaran dari guru melalui pembelajaran online? Berikut adalah beberapa tipsnya:

 

Walaupun belajar dari rumah, pastikan Orang tua tetap membantu mengatur jadwal belajar anak dengan baik dan benar. Misalnya, waktu untuk bangun, menyegarkan diri, sarapan, dan istirahat.

Rutinitas yang diatur dalam jadwal dapat memberikan sinyal pada otak ‘saatnya menyelesaikan pekerjaan’. Dengan begitu, belajar online dari rumah dapat dilaksanakan dengan efektif.

2. Cari Tempat Kondusif

Mencari tempat kondusif untuk anak di rumah itu memang sulit. Ruang tamu mungkin seringkali diisi oleh keluarga atau saudara yang sedang melakukan aktivitas seperti menonton televisi dengan volume yang cukup besar, tidak dapat menahan diri untuk membuka akun Instagram atau media sosial lainnya. Sehingga konsentrasi anak bisa teralihkan oleh hal-hal di luar belajar.

Untuk mengatasi masalah ini, tetapkan tempat di dalam rumah yang membuat anak bisa konsentrasi dengan tenang dan tidak mudah teralihkan. Misalnya, di dalam kamar atau di teras rumah.

Lebih oke lagi jika bisa menyulap salah satu sudut atau ruangan di rumah menjadi suasana seperti di ruang kelas sekolah.

3. Hindari hal yang dapat mendistraksi belajar anak

Selama di rumah aja, kecenderungan untuk terus membuka media sosial dan bermain game sangat besar. Usahakan anak tetap fokus dalam proses pembelajaran dan hindari melakukan hal yang tidak berhubungan dengan proses pembelajaran.

Salah satu caranya adalah membuat batasan waktu penggunaan gadget. Bisa juga dengan cara membuat jaringan internet yang dedicated sehingga hanya bisa untuk kegiatan belajar dan tidak bisa untuk mangakses social media.

4. Siapkan Alat Tulis Menulis dan Perlengkapan Belajar Lainnya

Jika anak sempat terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar kepada teman, saat ini ajari anak untuk menyiapkan sendiri alat-alat pelajaran tersebut. Alat-alat yang mendukung belajar bisa membuat anak mudah untuk belajar.

Untuk menyiapkan segala materi pembelajaran, hal lain yang mesti diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkan anak  untuk tetap terhubung dengan guru saat kegiatan belajar online dari rumah.

5. Luangkan waktu untuk bersantai

Beri jeda waktu pada anak agar mereka dapat melakukan istirahat. Sebab duduk di depan laptop secara terus menerus dengan waktu yang cukup lama bukanlah hal yang mudah. Lakukan kegiatan yang dapat menjaga mood anak agar tetap stabil seperti mendengarkan musik, olahraga dan lain sebagainya.

6. Siapkan Camilan

Kegiatan belajar tentunya akan membuat energi terkuras. Meskipun secara fisik tak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga karena berpikir. Supaya tetap semangat dan tak cepat lelah saat belajar, sediakanlah camilan secukupnya. Permen, kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

Orangtua bisa juga membeli snack dari produk Unifam seperti Milkita Candy dan Lollipop.  Ada empat varian rasa permen Milkita yaitu susu, coklat, stroberi, dan melon yang bisa dinikmati sebagai camilan oleh anak.

Permen susu Milkita dibuat dengan susu asli dari New Zealand sehingga memiliki kebaikan susu. Terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik dan tinggi kalsium untuk membantu perkembangan tulang dan gigi. Tiga permen lolipop Milkita memiliki kalori setara dengan segelas susu sehingga mampu menambah energi harian anak.

Selain nikmat, baik juga untuk dikonsumsi setiap hari oleh anak dan seluruh anggota keluarga.


Itulah enam tips agar anak tetap efektif belajar selama menjalankan pembelajaran online di rumah aja, tetap jaga kesehatan dan fokus dalam belajar ya!

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel