Artikel

Tips Mudik Lancar, Aman dan Nyaman Bersama Anak

Post pada 03 Apr 2024

Saat ini kita sudah memasuki hari-hari terakhir Ramadan. Bagi Bunda dan keluarga yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman – terutama yang akan mengajak si Kecil, untuk merayakan Hari Raya bersama keluarga di kampung, baiknya sudah mempersiapkan rencana mudik dari sekarang.

Bagi yang mudik bersama keluarga terutama dengan anak yang masih kecil pastinya mempunyai persiapan yang berbeda dengan mudik pada umumnya. 

Mudik bersama anak bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang. Bunda harus bisa membuat pengalaman mudik ini, menjadi momen yang menyenangkan bagi si Kecil.

Alangkah baiknya jika mudik ini dipersiapkan jauh-jauh hari, agar bisa meminimalisir kendala saat waktunya berangkat mudik.

Kenapa Kita Harus Mempersiapkan Mudik Dari Jauh-jauh Hari?

Banyak sekali orang-orang yang merantau untuk sekolah, bekerja atau bahkan memilih menetap di kota lain sehingga tidak bisa berkumpul dengan saudara lainnya setiap hari.

Nah momen lebaran ini biasanya dijadikan waktu untuk berkumpul keluarga dan sanak saudara jauh sehingga kita harus mempersiapkan perjalanan dengan baik. 

Ada beberapa alasan kita harus mempersiapkan mudik jauh-jauh hari :

Jarak Tempuh Yang Lama dan Jauh

Ada beberapa di antara kita yang harus melintasi pulau untuk mudik, perjalanan yang jauh dan lama pastinya harus dipersiapkan dengan baik untuk menghindari masalah-masalah di perjalanan. 

Momen Langka Bertemu Dengan Saudara

Karena mudik ini tidak setiap hari atau setiap bulan dilakukan, maka kita harus dalam kondisi baik saat mudik, agar kita tidak melewatkan momen di kampung halaman. Mungkin juga ini adalah kesempatan pertama si Kecil untuk bertemu dengan sanak keluarga lainnya. Jangan sampai karena sakit kita jadi tidak menikmati momen bersama keluarga saat mudik.

tips mudik lebaran bersama anak

10 Tips Mudik Lebaran bersama Anak yang Perlu Diperhatikan Bunda dan Keluarga

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Bunda mudik bersama anak dengan lancar, aman dan nyaman:

1. Tentukan Kendaraan Yang Akan digunakan Untuk Mudik

Penting sekali menentukan kendaraan apa yang akan digunakan saat mudik, karena ini akan mempengaruhi persiapan lainnya untuk mudik. Banyak sedikitnya barang yang akan kita bawa juga ditentukan oleh kapasitas kendaraan yang akan kita gunakan. 

Jika menggunakan kendaraan pribadi pastikan cek terlebih dahulu kondisi kendaraan, agar tidak terjadi kendala saat perjalanan. Yang paling penting pilihlah kendaraan yang membuat si Kecil nyaman selama dalam perjalanan. 

2. Pastikan Kondisi Kesehatan Keluarga, Terutama si Kecil

Sebelum berangkat mudik jangan lupa periksa kondisi kesehatan keluarga terutama kondisi si Kecil. Apabila diperlukan Bunda bisa memeriksakan kondisi si Kecil ke dokter, agar lebih tenang saat melakukan perjalanan.

3. Tentukan Waktu Untuk Mudik (Siang atau Malam Hari)

Menentukan waktu untuk perjalanan mudik sangatlah penting bagi keselamatan dan kenyamanan di perjalanan. Bukan hanya untuk pengemudi tapi juga untuk si Kecil. 

Melakukan perjalanan di siang hari biasanya terkendala macet dan juga cuaca panas. Ini bisa membuat si Kecil rewel dan tidak nyaman, apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Untuk ini, Bunda dapat mempersiapkan beberapa hal seperti mainan atau camilan yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil saat perjalanan (jika si Kecil tidak berpuasa). 

Apabila memilih perjalanan di malam hari, cuaca memang lebih sejuk dan biasanya tidak terlalu banyak kendaraan. si Kecil juga bisa tidur di perjalanan sehingga kecil kemungkinan rewel di perjalanan. Tetapi saat malam hari dikhawatirkan pengemudi mengantuk dan menyebabkan kecelakaan kendaraan. 

Jadi Bunda dan Ayah harus memilih dan mempersiapkan dengan baik waktu perjalanan ini.

4. Buat Daftar Barang Yang Akan Dibawa

Buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa, jangan sampai perjalanan kita terhambat karena ada barang yang tertinggal.

Saat mudik dengan anak-anak, jangan lupa siapkan pakaian ganti yang cukup, camilan dan permen kesukaan, mainan, susu serta peralatannya, popok, tissue basah dan juga obat-obatan pribadi apabila diperlukan.

Bunda dapat beli camilan kesukaan si Kecil – Milkita Bites ataupun permen kesayangan semua, Jagoan Neon di Toko Official Unifam di Shopee dan Tokopedia mulai sekarang. 

5. Gunakan Pakaian Yang Nyaman Saat Perjalanan

Anak-anak biasanya akan lebih sensitive apabila tidak nyaman dengan pakaian yang digunakannya. Jadi untuk menghindari anak tidak nyaman pastikan Bunda memakaikan pakaian yang nyaman pada si Kecil.

Pilihlah pakaian yang bisa menyerap keringat dan juga mudah dilepas. Hal ini untuk mengantisipasi si Kecil mabuk perjalanan dan mengotori pakaiannya sehingga harus diganti. 

Siapkan pakaian ganti di tas terpisah, jangan disimpan di bagasi, letakkan di tempat yang mudah untuk di jangkau.

tips mudik lebaran bersama anak kecil

6. Persiapkan Kotak P3K

Untuk berjaga-jaga selalu bawa perlengkapan obat-obatan, karena kita tidak tahu kondisi seperti apa yang akan kita hadapi di perjalanan. Apalagi jika si Kecil ada memiliki obat khusus yang sulit ditemukan, ada baiknya Bunda sudah mempersiapkan sejak jauh hari sebelum melakukan perjalanan mudik ini. 

7. Gunakan Car Seat

Apabila berkendara menggunakan mobil pribadi jangan lupa gunakan car seat untuk anak dibawah 3 tahun. Dengan desainnya yang empuk dan dibuat sesuai dengan ukuran bayi, car seat ini bisa menahan saat terjadi benturan, diharapkan anak-anak akan lebih aman dan nyaman di perjalanan.

8. Pelajari Peta Rute Perjalanan

Penting bagi pengemudi untuk mempelajari rute perjalanan, kita juga harus mengecek lokasi rest area serta tempat umum yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat. Jangan paksakan diri untuk cepat sampai tempat tujuan. Ada baiknya justru mempertimbangkan beberapa pemberhentian – terutama agar si Kecil tidak merasa bosan di dalam mobil. 

9. Berikan Penjelasan kepada Anak tentang Tujuan Mudi

Sebelum perjalanan ajaklah si Kecil bercerita tentang mudik. Beritahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di perjalanan. Ini akan membantu si Kecil lebih siap dan mengurangi kecemasan. Bunda juga dapat berikan penjelasan melalui video mudik yang mungkin akan lebih memudahkan pemahaman si Kecil. 

10. Berdoa, Tetap Tenang dan Sabar selama Perjalanan

Jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan, sebagai orang tua kita harus tetap tenang dalam segala situasi. Anak-anak dapat merasakan stres dan kelelahan orang tua, jadi penting untuk menjaga emosi tetap terkendali. 

Itu dia 10 tips mudik lebaran bersama anak dari kami Bunda. Semoga dengan tips di atas dan juga dengan perencanaan mudik yang tepat, Bunda dan keluarga dapat menikmati perjalanan pulang kampung kali ini. 

Selain itu, semoga perjalanan mudik bersama anak kali ini dapat menjadi pengalaman seru dan menyenangkan dan tak terlupakan untuk si Kecil.

Bagikan Artikel