Artikel

Benefit Kembangkan Kemampuan Alami Anak Sejak Usia Dini

Post pada 03 Agu 2023

Lazimya, anak yang memasuki usia empat tahun sudah menunjukkan tanda-tanda minat dan bakat. Menyadari tanda-tanda itu sudah menjadi tugas bunda sehingga dapat membantu buah hati mengembangkannya. Selain membantu anak menyadari potensi akan dirinya, di saat bersamaan bunda akan mendapatkan pengalaman menjadi orangtua yang hebat.

Walau bunda masih sebatas berasumsi dalam mendeteksi bakat anak tapi seiring berjalannya waktu bakat tersebut akan terlihat. Satu hal yang pasti, mengenali bakat anak sejak dini dapat mengasah kemampuannya kelak. Apa saja benefit yang dialami bunda yang selalu mendampingi anak menemukan potensinya sejak dini.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan

Anak akan memiliki harga diri tinggi

Sebuah studi mengungkapkan orangtua yang menemukan bakat anak sejak usia dini akan mendorong anak memiliki harga diri yang tinggi. Hal ini mengingat buah hati sudah tahu ketrampilan yang dikuasainya sehingga lebih percaya diri.

Anak akan sangat termotivasi

Ketika sejak usia dini anak-anak telah mengasah bakatnya, maka dengan sendirinya muncul motivasi untuk berprestasi. Buah hati telah belajar betapa kerja keras dalam mengembangkan bakat akan membuahkan hasil. Dari sini, dia akan mendapat dorongan untuk terus berprestasi di mana pun.

Anak lebih bahagia

Hasil riset menemukan fakta di mana anak yang asyik melakukan apa yang diminatinya akan merasa nyaman-nyaman saja bila itu hasilnya tidak sesuai harapan. Dia justru menyadari kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran dan punya penerimaan akan kegagalan. Ini membuat anak jauh dari depresi dan stres.

BACA: Si Kecil Takut Dengan Makanan Baru? Itu Food Neophobia

Anak belajar kegigihan

Terbentuknya karakter yang gigih dan tak kenal lelah. Anak akan terus-menerus mencoba sampai berhasil karena sangat terobsesi dengan minat dan bakatnya.

Piawai mengorganisir diri

Buah hati akan mengembangkan ketrampilan mengorganisir diri sehingga dapat menyelesaikannya secara mandiri. Tentu saja, bunda tetap harus mendampingi dan memberi pengawasan. Pendek kata, anak sudah tahu apa yang perlu dilakukan dan kapan itu diselesaikan. 

Tak cepat berpuas diri dan kompetitif

Anak yang mengenal bakat dan minat sejak awal akan memfokuskan diri berlatih pada bidang yang disukai. Lebuh jauh, si kecil akan mengawali hari-hari dengan berkompetisi dengan diri mereka sendiri tanpa terlalu mempedulikan. Dia tidak terlalu berpengaruh dengan cerita kesuksesan yang lain.

Bakat adalah kemampuan alami. Meski begitu, bunda tetap punya andil signifikan dalam mengembangkan kemampuan alami itu. Mengasah bakat dan minat sudah menjadi menu keseharian anak yang sebaiknya dilakukan sejak dini. Biar interaksi lebih cair, bunda bisa berdiskusi dengan buah hati sambil ditemani Pino Es Serut Buah yang menyegarkan dan kaya akan vitamin.

 Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

 

 

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel