Artikel

Ikutan Lomba Hut Kemerdekaan 17 Agustus Bagus bagi Pertumbuhan Si Kecil

Post pada 08 Agu 2023

Sebentar lagi Hari Kemerdekaan negeri tercinta. Meski resminya jatuh tanggal 17 Agustus, tapi atmosfer kemerdekaan dan perjuangan sudah terasa di awal bulan. Memang, Agustus adalah bulan istimewa yang selalu memberi kesan mendalam bagi siapapun, termasuk bunda dan si kecil!

Biasanya, si kecil yang paling bersorak karena ada lomba 17 Agustusan. Kegiatan seru ini kali pertama digelar pada perayaan HUT Kelima Kemerdekaan Indonesia tahun 1950-an. Kemudian, ritual ini akhirnya rutin digelar di seluruh pelosok nusantara.

Kegiatan lomba untuk memeriahkan HUT kemerdekaan tak sekadar mengejar hadiah saja tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Karena lomba macam bawa kelereng pakai sendok, makan kerupuk, memasukan pensil ke mulut botol, dan lain-lain, bukan hanya meramaikan hari libur kemerdekaan. Yuk ketahui apa saja benefit si kecil ketika ikutan lomba.

Baca: Biar Bunda Nyaman, Dorong Anak Terapkan Kebiasaan Baca Label Kemasan 

  1. Tambah Pede alias percaya diri

Ikutan lomba 17 Agustusan pasti akan mendorong anak memiliki rasa percaya diri tinggi sekaligus membangun jiwa kompetitif. Dia akan berusaha sekuat tenaga bisa juara terlepas apa pun hadiahnya. Bisa jadi, dia juga ingin bunda bangga karena punya prestasi dan cerita menang lomba.

  1. Mengasah keberanian

 Ketika si kecil semangat berpartisipasi dalam lomba 17 Agustusan sebenarnya sudah menunjukkan kalau dia sudah punya keberanian. Berani untuk berkompetisi sekaligus berani tampil di muka umum. Dia juga sudah mulai belajar aturan main lomba sampai memikirkan strategi yang tepat untuk menang.

  1. Belajar bersosialisasi

 Gelaran lomba 17 Agustusan pasti menarik minat banyak orang, baik tua muda sampai anak-anak. Praktis, lomba menjadi tempat kumpulan orang. Ini adalah momen bagi anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Lagi pula ada lomba yang digelar secara kolektif di mana si kecil akan bergabung dengan anak-anak sebaya lain. Dia akan mengasah keterampilan bekerja sama secara tim demi mencapai tujuan bersama, yakni juara!

  1. Bangun jiwa cinta tanah air

 Lomba 17 Agustus ternyata juga dapat membangun si kecil semangat cinta terhadap tanah air. Rasa nasionalisme yang tinggi ini tergambar dari semangat ikut semua kegiatan 17 Agustusan. Dia akan semakin mengenal sejarah Indonesia dan mulai terbangun rasa peduli terhadap negara.

BACA: Si Kecil Takut Dengan Makanan Baru? Itu Food Neophobia

  1. Melestarikan budaya

Betul, sekarang era globalisasi di mana pengaruh asing banyak masuk ke Indonesia. Justru di sinilah manfaat dari lomba 17 Agustusan untuk mengingatkan si kecil untuk bangga terhadap budaya negeri sendiri. Lomba 17 Agustusan adalah tradisi untuk itu. Tak jarang, lomba juga diisi dengan karnaval baju daerah sehingga anak mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

 Itulah bunda, sebagian kecil dari segudang manfaat anak terlibat aktif dalam lomba 17 Agustusan. Bisa jadi, si kecil sudah mulai cerewet bertanya-tanya seputar lomba yang akan digelar di tanggal 17 Agustusan. Bunda pertahankan semangat si kecil ini dengan menawarkan Pino Es Serut Buah. Produk camilan yang kaya akan vitamin dan enak dikonsumsi dalam kondisi beku ini cocok untuk menemani anak aktif ikutan lomba.

Kunjungi di lapak official Unifam untuk mendapatkan Pino Es Serut Buah di Shopee dan Tokopedia.

Berita Terpopuler


Bagikan Artikel